Wow ! Potensi Bisnis e – Commerce di Indonesia Sangat Luar Biasa

110

Jakarta-Industri e-commerce di Indonesia berkembang pesat dengan tingkat pertumbuhan yang menyamai dunia. Ini terlihat dari semakin banyaknya start up e-commerce yang dapat dikategorikan menurut bisnis mereka seperti forum online dan situs iklan baris, business to consumers (B2C), consumer to consumer (C2C) marketplaces, dan lainnya.

Indonesia merupakan peluang yang sangat besar bagi perusahaan e-commerce karena penduduknya sangat terbuka dengan produk dan teknologi baru. Ini merupakan tantangan dan juga sekaligus kesempatan yang baik bagi perusahaan e-commerce untuk berkembang pesat di Indonesia.

Menurut penelitian Vela Asia, Indonesia merupakan pasar e-commerce yang paling siap di kawasan Asean, diikuti oleh Singapura. Vela Asia adalah sebuah provider ecommerce di Indonesia yang telah merilis Southeast Asia eCommerce Readiness Index (eRI) 2013. Indeks tersebut memeringkat negara-negara di seluruh kawasan Asean berdasarkan kemudahan dalam melakukan bisnis bagi perusahaan e-commerce.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lebih dari 500 pengguna internet di seluruh Asia Tenggara pada 2013, Indonesia menempati peringkat eRI teratas dengan nilai 135 poin, diikuti oleh Singapura dengan 116 poin dan Filipina 112 poin. Hasil survei ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling mudah untuk melakukan bisnis e-commerce berdasarkan pada ketersediaan infrastruktur dan potensi, dengan faktor evaluasi seperti penetrasi internet, nilai transaksi, penggunaan perangkat bergerak, kemudahan pembayaran secara online dan pengiriman. ( Redaksi )

BACA JUGA:  Fachri Hamzah : “Untuk Nyapres, Harus Punya Duit Otak Tidak Penting!”