Woow ?!?, Sumbersari Siap Jadi Destinasi Wisata ” Jagoan ” Kota Metro

1295

Kota Metro,Inspirasi Post-Dinas Pemuda Olàhraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Metro melakukan inventarisir fasilitas yang ada di Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan. Inventarisir ini dilakukan Dispopar dengan tujuan melihat kesiapan Buper jika dijadikan destinasi wisata.

Kepala Dispopar Kota Metro, Ir. Yeri Ehwan, M.T, menjelaskan rencananya Buper ini dikembangkan menjadi penangkaran satwa, mengingat telah ada 13 kandang satwa di wilayah Buper.

“Fasilitas di sini terbilang sudah lengkap. Air bersih ada, termasuk WC dan Mushola. Juga telah ada enam gazebo. Namun ada yang masih kurang, seperti lampu penerangan jalan umum (LPJU). Yang jelas, untuk jangka pendeknya, bagaimana kita membuat wilayah ini mampu menarik minat pengunjung. Untuk jangka panjangnya, diharapkan mampu meningkatkan PAD melalui sewa gedung,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ia mengakui kemungkinan pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dispopar pertama adalah di Buper. Pasalnya, dengan adanya UPT tersebut, diharapkan mampu merawat satwa yang ditangkarkan di Buper. “Kami sudah usulkan semua rencana Buper. Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun ini atau tahun depan,” paparnya.

Sementara Paino yang merupakan juru kunci Buper mengatakan, masyarakat biasanya mendatangi tempat tersebut di akhir pekan, yakni pada hari Sabtu dan Minggu. “Kadang mereka ke sini rombongan bawa mobil. Kalau Sabtu Minggu pasti ramai pengunjung. Makanya kerap saya cek tas yang mereka bawa. Antisipasi saja agar tidak melakukan hal yang aneh-aneh. Sebab gazebo yang ada di bawah itu sudah dicoret-coret dengan tulisan
yang tidak layak,” tuturnya.  (Yudha Saputra)

BACA JUGA:  Kadin harapkan " Pemimpin Baru " Lampung Timur Sejalan Majukan Daerah