Warga Keluhkan Aktifitas Penambangan Timah Ilegal Malam Hari Di DAS Kawasan Kolong Pungguk Marbuk Dan Marbuk

234

Inspirasi Post || Sabtu, 5 Juni 2021

Bangka Tengah (Koba) – Sekitar pukul 23.00 wib nitizen diketahui warga Koba  mengirimkan beberapa video berdurasi 10 – 32 detik kepada Pers Babel, Jum’at malam (4/06/2021). 

Nitizen tersebut menyampaikan ada kegiatan penambangan timah ilegal jenis ponton Ti apung beraktifitas di malam hari di aliran DAS sekitar kawasan kolong Pungguk, Marbuk dan Kenari, kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. 

Menurut keterangan nitizen yang menyampaikan video kepada Pers Babel, bahwa beraktifitasnya penambangan Ti apung di aliran DAS sungai berok dekat kolong Pungguk Marbuk dan Kenari sangat mengganggu masyarakat sekitarnya saat mau beristirahat tidur, pasalnya suara raungan mesin TI apung sampai terdengar ke pemukiman warga Berok dan sekitarnya.

Selain itu, yang dikuatir oleh warga Berok dan Koba aktifitas penambangan ti apung di aliran DAS sungai Berok akan berdampak terjadi sedimentasi tanah atau penangkalan aliran DAS sehingga bisa menyebabkan banjir besar pada saat musim hujan tiba.

Photo : tampak cahaya penerangan berada di ponton ti Apung

” Pak tolong sampaikan video kami kepada bapak Kapolres, rasanya tidak ada lagi tempat kami mengadu dan kami sangat terganggu dengan aktifitas penambangan Ti ponton apung itu,” ujar nitizen kepada Pers Babel, Jum’at (4/06/2021).

Sementara itu, Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet saat disampaikan informasi dan video dari nitizen, perwira polri berpangkat melati dua menyampaikan terimakasih atas informasinya.

” Walaikumsallam warahmatullohi wabarakaatuh… terima kasih informasinya n akan kami lidik pak.” jawab Kapolres Bangka Tengah melalui pesan WhatsApp (WA) sekira 23.25 Wib. (Red-Rik)

BACA JUGA:  Ini Kronologi Bupati 'Kena' OTT di Lampung