Walikota Depok ‘Gebrak’ Dana RT Naik 6 Lipat

486

Kota Depok-  Wali Kota Depok membuat ‘Gebrakan’ dengan menaikan dana RT sekitar 6 Kali Lipat atau Rp. 1 Juta Rupiah.

Hal tersebut merupakan apresiasi kepala daerah atas prestas kinerja Rukun Tetangga (RT) di Kota Depok, Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad, secara tegas akan meningkatkan anggaran penguatan kinerja RT.

Kenaikan ini pun meroket dari awal Rp 160.000 perbulan, menjadi Rp 1 juta perbulan di tahun 2021.

Bahkan, Idris mengaku telah mengajukan kenaikan anggaran tersebut dan akan segera dibahas dengan pihak terkait.

“Kita berkaca dengan insentif RT, RW yang DKI Jakarta berikan. Dana mereka besar namun terukur dan harus ada laporan pertanggungjawaban (LPJ) operasional,” ujarnya kepada wartawan usai menghadiri penyaluran dana penguatan kinerja RT, RW, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tahap II di Aula Kecamatan Beji, Depok, Rabu (4/12/19).

Usulan tersebut, kata Idris, akan dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok.

Kenaikan dana operasional untuk RT tersebut nanti akan dibahas pada rapat Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

“Usulan kenaikan ini untuk kesejahteraan masyarakat nantinya. Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita kan juga terus meningkat. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” papar Idris.

Dirinya menambahkan, jika sebelumnya total dana penguatan RT, RW, dan LPM sebesar RP 12 miliar, maka di tahun 2021 akan ditingkatkan menjadi Rp 36 miliar.

Anggaran tersebut sebagiannya akan disalurkan kepada 5.282 RT di Kota Depok.

Dengan niatnya ini, Idris mengatakan pihaknya ingin Ketua RT yang merupakan mitra Pemkot Depok dapat terus lagi meningkatkan kinerja dengan menjalankan program yang ada.

“Seperti penguatan ketahanan keluarga, bersih dari narkoba. Termasuk juga terkait kesehatan PHBS dan lainya,” kata Idris.

BACA JUGA:  MATTA Institute Monitoring dan Kawal Penggunaan Anggaran Dana Desa Lampung Timur

( Red / Dha / Elz )