Tumiran: Kerja Keras Majukan Petani Srisawahan, Melalui Infrastruktur Irigasi

489
Ketua LPMK Srisawahan, Tumiran saat berikan keterangan kepada Inspirasi Post.

PUNGGUR, Inspirasi Post – Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kampung (LPMK) Srisawahan, Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Tumiran mengatakan, kesejahteraan petani tidak bisa terlepas dari ketersediaan fasilitas infrastruktur irigasi.

Menurutnya, dari lahan pertanian yang luasnya 259 hektar sampai saat ini baru sekitar 50% yang bisa dicapai oleh pengairan irigasi, itupun setelah ada penambahan panjang saluran irigasi melalui progam P3A tahun 2017 lalu,” kata Tumiran yang di tokohkan oleh masyarakat Kampung Srisawahan, Saptu (12/05/2018).

Lebih lanjut Tumiran menambahkan, kalau sebelumnya luas area yang bisa diairi hanya serkitar 115 hektar sawah, setelah ada bantuan tersebut luas sawah produktif bertambah dari 15 hektar sekarang menjadi sekitar 125 hektar. “Oleh karena iru, kami berusaha dan berjuang untuk bisa terus meningkatkan kwalitas dan kwantitas infrastruktur jaringan irigasi agar semua lahan pertanian bisa berproduksi secara maksimal.

Masyarakat Kampung Srisawahan, memiliki lahan pertanian sangat mendambakan percepatan peningkatan infrastruktur irigasi baik secara kwantitas dan kwalitas. Dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kampung Srisawahan yang memanfaatkan program Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD),” ujarnya.

Tumiran mengatakan, antara pamong dan segenap perangkat Kampung sepakat setiap program pembangunan di Kampung Srisawahan dalam pengerjaannya akan dipadat karyakan. Sehingga, akan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dibidang ekonomi. Tapi karena masyarakat Kampung

Srisawahan sebagian besar bermata pencarian sebagai petani, tentu untuk peleksanaan padat karya perlu ada penyesuaian waktu pelaksanaan agar tak berbenturan waktu dengan kegiatan para petani baik di kebun atau sawah,” tutup Tumiran. (Sam/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)

BACA JUGA:  Ada Ledakan Bom Lagi, Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Untuk Tegas, Tidak Ada Kompromi