Tomas Babar Pertanyakan Cipto Apa Bedanya Pemda Dengan Bupati Dalam Hal Pembagian Bansos Kan Sama Saja

508

BANGKA BARAT,MUNTOK – Tokoh masyarakat (Tomas) Bangka Barat Bruri Rusadi mengkritisi  untuk kesekian kalinya statemen Anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat Adi sucipto dinilai labil.

Bahkan Cipto panggilan akrab sehari hari Adi Sucipto dinilai tertinggal informasi.

Bagaimana tidak dalam statemennya di sebuah media online Cipto menyayangkan beras atau sembako yang dibagikan ke masyarakat saat ini melalui program JPS justru dianggap masyarakat dibagikan oleh Bupati Bangka Barat

” Saya ketemu masyarakat, kemarin saya dibagi beras pak sama pak bupati, pak bupati bagi beras bukan Bangka Barat ” kata cipto dikutip dari pemberitaan di sebuah media online yang dimuat senin (08/06/2020) yang lalu.

Lantas pertanyaanya kata Bruri apakah salah seorang kepala daerah dalam hal ini bupati menyerahkan bansos kepada masyarakat. Lalu siapa yang berhak dan layak menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) tersebut kalau bukan seorang Bupati.

Dan bagaimana dengan bupati bupati di kabupaten lain nya yang juga ikut membagikan bansos serupa.

Dan Mungkin ditengah pandemi seperti ini tidak hanya di Bangka Barat namun penyerahan bansos baik berupa sembako dan BLT secara simbolis juga dilakukan Bupati diseluruh indonesia.

” saya rasa pak Cipto ini ketinggalan informasi apa dia tidak lihat di Bateng, Bangka, kota Pangkalpinang bahkan hampir seluruh indonesia gubernur, bupati, walikota membagikan bansos secara simbolis kepada masyarakat Lalu salahnya dimana ” tegas Bruri yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten dan Provinsi Babel itu kamis (11/06/2020).

Kata Bruri, yang tidak masuk akalnya lagi, justru Cipto sempat menuturkan  masyarakat Bansos JPS yang disalurkan bukan dari Pemkab Bangka Barat tapi bupatinya.

“Tidak dapat pak dari pemerintah, kami dapat dari pak bupati. Berarti duit yang kami anggarkan ini untuk bupati, bukan untuk kita kan begitu,” tutur Cipto diberita sebelum nya.

BACA JUGA:  Peringati Hari Kartini, GOW Kota Metro Salurkan Lima Bantuan Bedah Rumah

Ditambahkan oleh Bruri, Cipto mungkin tidak memahami arti pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kabupaten Bangka Barat sebagaimana yang dituturkan dirinya diatas

Di jelaskan Bruri, pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah, Termasuk DPRD.

Sedangkan penyelenggara urusan pemerintah daerah provinsi, Kabupaten atau kota itu adalah gubernur, walikota, bupati dan termasuk DPRD.

“Jadi pertanyaannya apa bedanya pemda bangka barat dengan Bupati. Sebab setahu saya yang namanya Bupati itu jelas jelas kepala pemerintahan daerah Kabupaten, jangan membuat masyarakat menilai kita ini justru yang tak paham ” tanya Bruri

” Jadi bingung dengan statemen pak Cipto yang menyebut Justru masyarakat menyangka Bansos JPS yang disalurkan bukan dari Pemkab Bangka Barat tapi bupatinya. Pertanyaanya pemda itu apa ya penyelenggara urusan pemerintah. Penyelenggaranya siapa ya Gubernur, Bupati, Walikota dan DPRD. Lalu salahnya dimana ” tanya Bruri.

Sebagai wakil rakyat Bruri menilai tak pantas Cipto mempersoalkan pembagian Bansos oleh bupati itu. Karena sudah menjadi kewajiban sebagai penyelenggara urusan pemerintah daerah menjalankan hal itu.

Justru gerak cepat serta langkah pro aktif bupati dalam menyerahkan bantuan harus diapresiasi. Apalagi disituasi pandemi covid 19 seperti ini.

” Sebagai wakil rakyat, harus bisa mencerahkan pola berfikir masyarakat, yang namanya Bupati itu, jelas Pemerintah Daerah, jangan di pelesetkan, lain halnya kalau Bupati mengatakan bantuan ini dari Markus” Pungkasnya. (Red/Rik)