Sudarso,SIp : Kampung Pujokerto Budayakan Gotong Royong, Sebagai Ajang Silatuhrami

860
Nampak asri gerbang pintu masuk Kampung Pujokerto, Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah.

Kepala Kampung (Kakam) Pujokerto, Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Sudarso, SIp menerapkan budaya gotong royong sebagai ajang silatuhrami, dengan mengajak masyarakatnya membersihkan lingkungan dan membenahi sarana umum seperti pemakaman, lapangan olahraga, jalanan serta sarana lainnya.

Menurutnya, hal ini sudah menjadi tanggungjawab dan kewajiban kita, melalui program Jumat bersih baik selaku Pemerintah Kampung maupun sebagai masyarakat untuk senantiasa saling mengingatkan akan pentingnya menanamkan dalam kehidupan kita tentang budaya gotong royong.

Sebab, dengan budaya gotong royong ini, maka kita juga dapat menjalin hubungan sosialisasi dengan baik terhadap sesama, terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, dapat mempererat tali persaudaraan, dan dapat memperoleh ketentraman serta kenyamanan akibat hubungan sosial yang baik,” jelas Sudarso kepada Inspirasi Post, Saptu (31/3/2018).

Kepala Kampung Pujokerto, Sudarso, SIp

Lebih lanjut Sudarso mengatakan, maka dari itu kita harus menanamkan prinsip gotong royong tersebut kepada lingkungan masyarakat, demi mewujudkan kepentingan bersama dan bahkan lebih jauh, menjadikan Pujokerto ini sebagai Kampung percontohan yang asri dan nyaman. Sudarso menambahkan, gotong royong adalah bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dan merupakan warisan budaya bangsa khususnya kita yang ada diwilayah Kecamatan Trimurjo.

Nilai dan perilaku gotong royong, bagi masyarakat Pujokerto sudah menjadi pandangan hidup. Sehingga, hal ini tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Sejak manusia bergabung dalam suatu masyarakat, maka keselarasan akan hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan,” ujar Sudarso.

“Sementara itu, Sekretaris Kampung Purwanto mengatakan, dalam bergotong royong bersama Kepala Kampung dan warga lainnya mengaku, dirinya sangat senang kepada seluruh warga Kampung Pujokerto. Dikatajan Purwanto, khususnya kepada Kepala Kampung yang betul-betul solid dan konsisten terhadap apa yang ia janjikan saat kampanye dalam pencalonannya sebagai Kepala Kampung beberapa tahun lalu.

BACA JUGA:  Masyarakat Ketap Nyatakan Tambang di Kawasan Pantai Panjang 'Murni' Tambang Rakyat Tanpa Beking APH

Menurutnya, hari ini saya sangat senang kepada masyarakat Kampung Pujokerto yang dalam pendiriannya masih memiliki semangat gotong royong. Begitupun dengan Kepala Kampung Pujokerto, ternyata dia tidak sekedar janji-janji palsu.

Saat ini Kepala Kampung betul-betul bermasyarakat, serta mampu menjadi pelayan masyarakat yang selalu menjadi garda terdepan dalam hal pekerjaan, apalagi jika menyangkut dengan kepentingan bersama,” ujarnya.

Purwanto menambahkan, bahwa untuk hidup dalam suatu lingkup masyarakat sosial memang harus memerlukan adanya kerja sama. Suatu pekerjaan kalau dikerjakan secara gotong-royong, akan lebih mudah dan dapat memakan waktu yang singkat pula. Sehingga, selaku warga Kampung Pujokerto, saya berharap semoga program gotong royong yang dicanangkan oleh Kepala Kampung ini, seterusnya dapat kita jalankan,” harapnya. (Ipung/Red)
Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)