Kepala SMP Negeri 1 Metro Kibang, Sri Suhartini, SPd,MM foto bersama Camat Mitro Kibang dan dewan guru.
Editor: Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)

Metro Kibang, Inspirasi Post, – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Sri Suhartini, Spd. M.M. mengatakan betapa pentingnya sikap disiplin, apalagi mengacu kepada diri kita, yang paling utama harus memberikan contoh yang baik, penerapan sikap disiplin bukan hanya kepada guru melainkan seluruh stekholder yang ada di sekolah.

 

Menurutnya, perlu bagi orang tua murid untuk mengingatkan dan selalu memberikan nasihat kepada anak-anaknya dan kita mengacu Undang undang nomor 5 tahun 2014 tentang kedisiplinan Aparatur Pegawai Negeri Sipil Negara (ASN). Dalam memberikan terapan disiplin, harus kembali pada diri masing – masing PNS, yang harusnya memberikan contoh yang terbaik kepada anak murid.

 

Selaku kepala sekolah, juga harus memberikan sikap disiplin yang baik, terutama pada diri saya, harus menjalankan tugas sebaik mungkin untuk memberikan motivasi kepada seluruh stekoholder dilingkup SMP Negeri 1 Metro Kibang. Sesuai dengan motto, Disiplin, Cerdas, Imtak, Berkarakter dan Berbuya, ini semua perlu ditanamkan dalam-dalam. Karena moto ini sangatlah penting terutama pada diri kita,” kata Sri Suhartini kepada Inspirasi Post, Rabu (21/2/2018) di selah kegiatannya.

 

Kepala SMP Negeri 1 Metro Kibang, Sri Suhartini, SPd, M.M berupaya terus terapkan budaya sikap disiplin di sekolah.

Lebih lanjut Sri Suhartini mengatakan, untuk memajukan keberhasilan sekolah harus dilakukan‎ berbagai usaha dan kegiatan, antara lain harus meningkatkan kedisiplinan, baik itu kepala sekolah sendiri, guru juga muridnya. Karena disiplin modal untuk keberhasilan, disiplin utamanya harus diawali dengan jam masuk sekolah. “Pagi-pagi murid sudah berada di sekolah dan sudah dimulai pemeriksaan kerapian dan kebersihan. Sudah tentu kepala sekolah dan tenaga pengajarnya harus lebih awal sudah berada di sekolahan,” ujarnya.

 

Masih di katakan Sri Suhartini, untuk memberikan contah dan memantau siswa, dirinya tiba disekolah pagi hari. “Kita harus berikan contoh kepada siswa dan guru. Berusaha untuk datang lebih awal disekolahan. Sekolah ini, juga menyediakan beberapa ekskul untuk menampung bakat-bakat siswa. Beberapa ekskul yang ada di sekolah ini adalah PMR, Pencinta Alam, Kesenian, Olahraga, dan Pramuka. Setiap siswa tidak diwajibkan mengikuti ekskul ini. Namun mereka dapat mengikutinya sesuai dengan minat dan bakat mereka,” tutupnya.

(Purwadi/Red)

BACA JUGA:  RSUD Dr Hc Ir Soekarno Siap Layani Pasien Tentang 'Kejantanan Pria'