SMKN I Metro Gudang Prestasi dan Sekolah Favorit di Lampung

553
Kepala SMKN 1 Metro, Dra.Hj. Dwi Widyaningsih (dua dari kanan, red) foto bersama dengan Heri suliyanto (satu dari kanan, red) asisten I Provinsi Lampung.

METRO, Inspirasi Post – Kepala SMKN 1 Metro, Dra.Hj. Dwi Widyaningsih mengaku sangat bangga selalu mendapatkan banyak prestasi dan hal tersebut berkat bimbingannya serta kerja keras seluruh dewan guru membimbing siswa-siswinya. Selain meraih juara I Debat Bahasa Inggris setelah di babak Final, SMKN I Metro juga berhasil meraih Juara 1 untuk lomba tari kreasi lampung.

Menurutnya, selama memimpin SMKN I Metro, banyak prestasi yang di dapat, seperti kegiatan lomba prestasi siswa untuk SMA/SMK yang diselenggarakan pada 24 – 25 Agustus 2016 lalu di Aula SMK Negeri 1 Metro. Pada Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa cabang Lomba, diantaranya Debat Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab dan Karya Ilmiah Remaja,” kata Dwi Widyaningsih kepada Inspirasi Post kemarin.

Kepala SMKN 1 Metro, Dra.Hj. Dwi Widyaningsih (satu dari kanan, red) di selah kegiatannya foto bersama.

Lanjut Dwi Widyaningsih, pada kegiatan yang di gelar oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan olahraga Kota Metro beberapa waktu lalu, siswa SMK Negeri 1 Metro berhasil menjadi Juara I Debat Bahasa Inggris setelah di babak Final mengalahkan peserta dari SMA Negeri 3 Metro. Adapun siswinya tersebut, yakni Ni Wayan Estiyani Kelas XI A1, Gesia Afifah Ayu Wulandari kelas XI A3 dan Silvia Oprista Kelas XI A3.

Tidak hanya juara I, tetapi siswa-siswinya SMK Negeri 1 Metro juga meraih Gelar The Best Speaker (Pembicara Terbaik) dalam lomba di Tingkat Provinsi Lampung yang diraih oleh Gesia Afifah Ayu Wulandari.Dengan prestasi tersebut, tentunya sebagai Kepala SMK Negeri 1 Metro merasa bangga, karena siswa-siswinya bisa meraih prestasi dan mengharumkan nama sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, menurut salah satu siswa SMK Negeri I Metro mengatakan, bahwa mereka tidak menyangka dapat berhasil meraih Juara 1 hanya dengan 4 hari persiapan saja. Tapi bagi mereka lomba ini adalah tempat bagi semua sekolah baik SMA/SMK untuk lebih memperat silaturahmi, mendapat teman baru, pengalaman dan pelajaran baru. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih untuk para guru Pembimbing antara lain Mr. Dahrul Ahmad Ahyarudin, S.Pd., Mrs. Valentina Siwi Nugroho, S.Pd., Mrs. Umi MA’rifah, S.Pd., serta Mahasiswa PPL dari Universitas Muhammadiyah Metro dan IAIN Jurai Siwo Metro.

BACA JUGA:  Ibu Partinia: Mimpi Saya, Lambar Jadi Kabupaten Literasi

Widyaningsih mengatakan, semenjak sekolah di bawah bimbingannya, Alhamdullah selalu mendapatkan kejuaraan. Seperti, pada 9 Februari 2016 yang lalu, Sanggar Tari SMK Negeri 1 Metro “Ananda Gita” berhasil meraih Juara I untuk lomba tari kreasi Lampung dalam kegiatan SMANDA Boliga dan Festival seni yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 Metro.

Sebelum meraih juara I lomba tari kreasi Lampung, sanggar tari “Ananda Gita” juga sudah memiliki prestasi yang bagus dimulai sejak Tahun 2013. Diantaranya adalah, juara 2 tari kreasi Lampung se-Kota Metro Tahun 2013 oleh KNPI Kota Metro. Kemudian, juara 3 tari kreasi Lampung se-Prov. Lampung Tahun 2013 oleh HMJPBS FKIP UNILA, juara 2 tari kreasi Lampung se-Kota Metro Tahun 2014 oleh Dinas Tata Kota dan Pariwisata Metro dan juara 3 tari kreasi Lampung se-Lampung Tahun 2014 oleh SMA Negeri 3 Metro.

Selanjutnya, kataDwi Widyaningsih, SMK Neri I Metro juga mendapatkan juara harapan 2 tari kreasi Lampung se-Kota Metro Tahun 2015 oleh Dinas Tata Kota dan Pariwisata Metro, juara harapan 2 tari kreasi Lampung se-Lampung Tahun 2015 oleh Politeknik Negeri Lampung dan juara 2 tari kreasi Lampung se-Lampung Tahun 2015oleh SMA Negeri 3 Metro serta juara I tari kreasi Lampung se-Lampung Tahun 2016 lalu oleh SMA Negeri 2 Metro,” ujarnya.

Masih di katakan Dwi Widyaningsih, banyak kejuaraan yang di dapat SMK Negeri I Metro. Antara lain, yakni meraih juara 2 dalam cabang musik daerah pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Lampung. Selanjutnya, siswa-siswi SMK Negeri I Metro mengikuti final lomba bahasa asing tingkat Nasional dilaksanakan di Bangka Belitung pada 10-15 Oktober 2016 lalu Diselenggarakan langsung, oleh kemendikbud RI, SMK Negeri 1 Kota Metro Provinsi Lampung mengirimkan 3 siswi terbaiknya.

BACA JUGA:  Berkembang Cepat, Presiden Jokowi Optimistis Ekspor Otomotif Indonesia Tembus Keluar Asia

Ketiga siswi SMK Negeri 1 Metro tersebut telah mengharumkan nama sekolah antara lain, Gesia Afifah Ayu Wulandari, Silvia Oprista dan Ni WayanEstiyanti. Dengan memasuki putaran final dengan melawan perwakilan 7 provinsi lainnya, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Banten, Bangka Belitung, Jambi dan Sumatera Selatan.bMemang pada akhirnya Gesia Afifah, dkk harus puas dengan skor 90, dimana juara pertama diraih oleh peserta perwakilan dari DKI Jakarta dengan skor 111. Dengan demikian perwakilan dari Provinsi Lampung ini mencapai peringkat ke 5.

“Bukan peringkat yang buruk, mencapai putaran final adalah sebuah prestasi, bagi kami, semua pertandingan adalah final” uangkap guru pembimbing, Darul Ahyarudin. Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya kompetensi juga bisa mengarahkan siswa untuk bertindak sportif, meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa serta bisa membuat siswa mampu untuk berpikir kreatif. Kemudian, kata Dwi Widyaningsih, masih banyak lagi siswa-siswinya berpertasi di tingkat Nasional,” tutup Dwi Widyaningsih. (Red)