Situs Purbakala ” Pugung Rahardjo ” Sebuah Kearifan Lokal Lampung Timur Harus Terjaga

634

Sekampung Udik – Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Deklarasikan Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo untuk di Lestarikan sebagai Cagar Budaya yang ada di Lampung Timur.

Sarasehan dan Diskusi bersama yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur yang bertempat di tempat Lokasi tersebut, (27/4/2019), Para Tokoh Adat sepakat siap dan bersedia untuk bersama sama menjaga, memelihara kelestarian situs Taman Purbakala yang ada di Desa Pugung Raharjo kecamatan Sekampung Udik sebagai Warisan Budaya Leluhur, serta menjaga Hak Asasi Manusia dalam segala Norma Kehidupan masyarakat.

Di hadiri Bupati Lampung Timur yang di wakili Staf Ahli Drs M. Mastur, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tabrani, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan sebagai Pemateri di hadirkan dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Zaiful Ibramantaka dan Dari perwakilan Komnas HAM Rusman Widodo.

Dalam Diskusi Sarasehan yang bertema

Perspektif HAM dalam Konteks Kearifan Budaya Lokal tersebut, banyak dikupas mengenai sejarah Situs Purbakala, berbagai adat dan budaya Lampung yang ada di Lampung Timur, yang merupakan peninggalan yang sangat tak ternilai harganya, dan kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan, dan peran aktif Pemerintah yang mempunyai kedudukan sebagai pemangku kewajiban tehadap kearifan lokal.

“Situs Purbakala ini mengatakan kepada kita, bahwa nenek moyang pada waktu lampau telah sadar dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia” ungkap Mastur.

Di hari ke dua HUT Lampung Timur yang ke 20 yang di gelar di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik, yang mengangkat budaya daerah, banyak di gelar even hiburan selama 3 hari. ( Adv, Dha , Kominfo )

BACA JUGA:  H.M Mastur 'Nakhoda'Baru Diskominfo Kabupaten Lampung Timur