Sekar Desa Ala ” Seknas FITRA ” Wujud Implementasi Pendidikan Transparansi Desa

184

Jawa Timur- Tahap pelaksanaan program pendampingan bagi pemerintah desa dan masyarakat yang diinisiasi oleh Fitra (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran) bekerjasama dengan KOMPAK telah sampai pada proses implementasi. Progres ini merupakan tindak lanjut dari perencenaan model dan modul pendampingan beberapa bulan sebelumnya.

Di Trenggalek, desa yang menjadi dampingan Fitra berada di Kecamatan Panggul,  yakni Desa Banjar, Desa Sawahan dan Desa Tangkil. Sebelumnya, di tahun 2018, fitra juga melaksanakan program pendampingan serupa di 4 desa lain. Yaitu Desa Tanggaran dan Desa Karanganyar (Kecamatan Pule), Desa Watulimo dan Desa Gemaharjo (Kecamatan Watulimo).

Sebelumnya, target pendampingan yang dilakukan oleh Fitra fokus kepada anggota BPD, di antara tujuan yang jendak dicapai adalah, memberikan pemahaman kepada BPD terkait peran serta dan tanggung jawab bag terlaksananya pemerintahan di level desa. dan untuk kali ini, ada beberapa fokus yang hendak didorong, yakni, mendorong terlaksananya pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan dan pencatatan sipil) yang inklusif dann responsif gender, juga ditambah mengenai isu ekonomi perdesaan.

Tanggal 18-19 hari Sabtu-Minggu bulan Mei tahun 2019, tim berangkat menuju desa tujuan. Tim yang terlibat adalah Cak Dakelan  (Ketua Fitra Jatim), Trigus (saya sendiri) dan Indra (CO Trenggalek). Adapun tujuan pertemuan pertama ini adalah untuk mensosialisasikan program serta merefleksi penerapan UU Desa No. 6 Tahun 2014 di desa masing-masing.  Acara ini dikemas dalam Sekolah Anggaran Desa atau disingkat Sekar Desa. ( Rls / Dha )

BACA JUGA:  Ratusan Rumah " Tak Layak Huni " Akan di Renovasi Pemkot Depok