Drainase Tersumbat Sampah, Penyebab Terjadi Banjir di Kota Metro

750
Kadis Lingkungan Hidup Kota Metro, Ir. Eka Arianta menjelaskan terkait tersumbatnya drainase menyebabkan terjadinya banjir. (foto: Purwadi)

METRO, Inspirasi Pos – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Metro Ir. Eka

 

Arianta menyatakan, sampah yang menyumbat di saluran drainase adalah salah satu faktor penyebab terjadinya banjir. Selain sampah, sedimentasi atau pendangkalan drainase juga salah satu penyumbang terjadinya luapan air saat hujan deras.

Menurutnya, musim penghujan dengan intensitas tinggi belakangan ini dapat menimbulkan genangan air disejumlah wilayah Kota Metro. Seperti terjadi pada Senin, 26 Februari lalu air menggenang di pemukiman warga. “Kami minta warga yang di depanya ada drainase untuk dijaga kebersihnya dan dirawat. Paling penting, juga drainase jangan ditutup secara permanen agar petugas bisa membersihkan drainase,” kata Eka Arianta kepada Inspirasi Post, Kamis (01/3/2018) di selah kegiatannya.

Lanjut Eka menambahkan, saat hujan turun drainase tersumbat sampah sehingga air tidak bisa mengalir lebih cepat dan terjadi peluapan di badan jalan serta air masuk banjiri rumah warga. Saya menghimbau kepada warga tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, agar tidak terjadi penggenangan air dan menjadi sarang bertelur nyamuk aedes aegypti,” pungkasnya.

Sekretaris Lingkungan Hidup, Yerri Noer Kartiko mengharapkan, agar masyarakat jangan buang sampah di drainase. Sebab, bisa mengakibatkan terjadinya banjir.

Hal senada di katakan Sekretaris Lingkungan Hidup Metro, Yerri Noer Kartiko menuturkan, guna menghindari genangan di beberapa jalan di Kota Metro ketika intensitas hujan sedang tinggi, pihaknya terus melakukan berbagai upaya pembersihan drainase di beberapa ruas jalan yang sering tergenang akibat saluran drainase yang tersumbat.

Menurutnya, tersumbatnya drainase disebabkan beberapa factor diantaranya, adanya pemasangan cor beton diatas drainase dan drainase yang dijadikan tempat pembuangan sampah, serta bekas material bahan bangunan yang belum dibersihkan warga juga menjadi factor penyebab terjadinya penyumbatan pada saluran drainase,” ujarnya.

Yerri juga mengharapkan partisipasi warga, untuk ikut membantu membersihkan drainase serta menjaga agar drainase tidak tersumbat dengan tidak membuang sampah pada drainase dan melakukan pembersihan rutin terhadap drainase sekitar tempat tinggalnya,” harap Yerri.
Editor: (Purwadi / Red)

BACA JUGA:  FITRA Indonesia 'Tuding' 5 Anggota BPK Terpilih Berlatar Belakang Partai Politik
Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)