RSUD DR HC Soekarno Adakan giat ‘Round Table Discussion’ (RTD) Perkenalkan Alat Terapi Kesehatan ESWT

615
Bangka Belitung, Air Anyir – Dr Armayani, Sp.B Rusli Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung, baik disektor pelayanan umum maupun khusus.
Tadi pagi Sabtu (20/06/2020) sekira pukul 10.00 wib, RSUD Dr (Hc) Soekarno menggelar kegiatan ‘Round Table Discussion’ (RTD) dengan mengambil tema “Tetap perkasa walaupun adanya pandemi Covid 19”, dan sebagai moderator dr Armayani Rusli So.B dengan narasumber menghadirkan dr. Dheto Basuri Putra,Sp.KFR dan dr. Jefri Sukmagara, Sp.Urolog.
Kegiatan RTD tersebut dalam rangka memperkenalkan alat terapi kesehatan dan manfaatnya ‘Elekro Shock Wave Therapy’ (ESWT) yang sudah dimiliki oleh RSUD Dr (HC) Soekarno Prov.Kep.Babel.
Dalam kesempatan tersebut, Armayani Rusli menjelaskan bahwa peralatan terapi kesehatan ESWT itu diadakan oleh pemerintah pusat melalui anggaran dana DAK (Dana Alokasi Khusus). Dan berdasarkan data penyakit yang meningkat di Bangka Belitung adalah  Impotensi dan Diabetes, keduanya menjadi penyebab  bagi seorang laki-laki mengalami gangguan disfungsi ereksi.
” Alat ESWT ini  diproduksi oleh negara USA (Amerika-red) dengan kegunaannya atau manfaat untuk memperbaiki disfungsi ereksi dan ejakulasi dini,” jelas dokter spesialis bedah kelahiran tanah Minang sembari menunjuk alat tersebut, Sabtu (20/06/2020).
Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa alat terapi kesehatan ESWT ini bukanlah barang baru di Indonesia, namun di wilayah Indonesia bagian timur alat terapi kesehatan ESWT ini sudah banyak dimiliki oleh Rumah Sakit Umum Daerah provinsi dan kabupaten lainnya, dan alat ESWT sudah diproduksi sejak 10 tahun yang lalu.
” Untuk sebagai perkenalan pihak RSUD DR Ir Soekarno akan menggratiskan kepada lima orang pesien pertama yang ditangani langsung oleh dokter spesialis kami, sehingga kelima pasien pertama kami mendapat hasil yang maksimal, walaupun ditengah pandemi covid 19 kita bapak-bapak tetap sehat dan perkasa,” Kata Armayani sembari tersenyum.
Sementara itu kedua narasumber lainnya, dr. Dheto Basuri Putra,Sp.KFR dan dr. Jefri Sukmagara, Sp.Urolog menjelaskan bahwa Extracorporeal Shock-Wave Therapy (ESWT) merupakan alat berteknologi modern untuk penanganan disfungsi ereksi atau impotensi.
”  Alat ini mengeluarkan gelombang kejut yang menghasilkan pembentukan  angiogenesi yang membuat pembuluh darah baru tumbuh, ” terang dr. Jefri Sukmagara, Sp.Urolog.
Kemudian lebih lanjut dijelaskannya oleh dr. Dheto Basuri Putra,Sp.KFR,
Extracorporeal shockwave therapy (ESWT) adalah salah satu terapi non-invasif dengan menembakkan gelombang tertentu yang dapat menembus media cair atau jaringan lunak, menuju daerah organ yang mengalami kerusakan. Gelombang yang dihasilkan mesin ESWT tidak menghancurkan jaringan, tapi untuk menimbulkan respons biologis seperti peningkatan molekul-molekul yang memperlancar aliran darah.
” Peningkatan aliran darah ini berfungsi untuk regenerasi jaringan, perbaikan jaringan dan mempercepat penyembuhan Impotensi dan Diabetes biasa mengalami gangguan disfungsi ereksi,” Jelas dr. Dheto Basuri Putra,Sp.KFR.
Tampak yang hadir di kegiatan  ‘Round Table Discussion’ (RTD) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr.Mulyono, Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangka Belitung dr Andre Novita, perawat RSUD Dr Hc Soekarno dan Pers Babel. (Red/Rik)
BACA JUGA:  Nana Bintan Kreator Seni Asal Malang Mampu ' Menyulap' Sampah Menjadi Barang Bernilai Seni Tinggi