Rohmat: Kampung Untoro Tingkatkan Keamanan Selama Bulan Ramadhan

842
Kepala Kampung Untoro, Rohmat saat berikan keterangan kepada Inspirasi Post, Saptu (19/05/2018).

TRIMURJO, Inspirasi Post – Selama bulan suci Ramadan, di Kampung Untora Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Hal itu, untuk mengantisipasi angka kriminalitas.

Kepala Kampung Untoro Rohmat menjelaskan, keamanan lingkungan merupakan kunci kenyamanan dan ketrentaman dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai petugas lapangan Linmas harus mampu bertugas dengan baik dengan mengerti apa yang harus mereka perbuat dengan bertanggung jawab.

“Bahwasanya, dapat kita dengar info yang berkembang sering terjadi kerusuhan atau keributan, maka kami ingin dalam hal ini, masyarakat kompat menjaga lingkungan dan keamanan di tempat kita,” ungkap Rohmat kepada Inspirasi Post, Saptu (19/05/2018).

Lebih lanjut Rohmat mengatakan, kita sudah memesuki bulan puasa, mari kita jaga keamanan. ‎Kami berharap, kepada Linmas serta RT/RW dalam safari Ramadhan kita sudah membuat susunan kegiatan untuk kampung kita, supaya keamanan tetap selalu terjaga,” harapnya.

Menyingung tentang pembangunan inprastruktur, Rohmat mengaku, dengan adanya bantuan Angaran Dana Desa (ADD) dari pusat pada tahun 2017-2018 ini, dapat terus meningkatkan pembangunan. “Oleh sebab itu, pihaknya berkordinasi dengan perangkat kampung terus bekerja untuk membenahi kampung, agar semua fasilitas publik bisa tersedia supaya masyarakat senang dan bisa menikmati hasil pembangunan.

Menurutnya, sejak menjabat Kakam Untoro, dirinya bertekat akan mensejatrakan masyarakat, agar ditingkat kehidupannya lebih maju dari sebelumnya. Namun dirinya mengaku, bila pengunaan dana proyek ADD dilakukan secara hati-hati, termasuk swadaya masyarakat, kata dia, apalagi dalam pelaksanaannya melibatkan semua unsure masyarakat, sesuai dengan tujuan program ADD, yaitu membangun kampung/desa secara bersama,” ujarnya.

Rohmat menambahkan, tentang kualitas bangunan sudah melakukannya sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB), malah berhasil melampaui target. Dibandingkan dengan pekerjaan yang sama dengan kampung lainnya rampung lebih awal, ini merupakan prestasi warga yang turut melakukan pengawasan maupun terlibat dalam mengerjakan jalan pafa tahun 2017 lalu yang selama ini sangat didambakan warga ke tiga dusun di kampung Untoro tersebut.

BACA JUGA:  DPC KWRI Kota Metro ' Siap ' Hadiri Rakernas KWRI Se Indonesia

Selain itu, perkembangan pembangunannya terjadi peningkatan menggembirakan dibandingkan tahun sebelumnya. “Hal itu disebabkan, kesadaran masyarakat melalui swadaya dalam pembangunan cukup tinggi. Sehingga, kata dia, mendukung setiap program pembangunan termasuk program ADD.

Masih di katakan Rohmat, sebelumnya, kampung Untoro berhasil membangun jalan pada tahun 2017 lebar 3 meter, panjang 180 meter dari target 150 meter serta 14 unit gorong-gorong. Menurutnya, pekerjaan pembangunan dikampungnya melebihi target, karena 30 persen memalui swadaya murni masyarakat. Kemuadian, pekerjaan proyek bantuan ADD di bagi dari dusun 1-3 di Kampung Untoro dari target 3 triwulan.

Dikampung Untoro, kata dia, perkembangan pembangunannya terjadi peningkatan menggembirakan dibandingkan tahun sebelumnya. “Hal itu disebabkan, kesadaran masyarakat melalui swadaya dalam pembangunan cukup tinggi. Sehingga, mendukung setiap program pembangunan tersebut,” tutup Rohmat. (Ipung/Red)

 Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)