Rock Balancing , Keseimbangan Desain Seni Bebatuan Tanpa Alat Bantu

414
Seni Menata Keseimbangan " Rock Balancing "

Jawa Timur, Inspirasi Post-Mengutip dari berbagai sumber, rock balancing atau stone balancing merupakan suatu teknik menyusun batu dengan posisi tertentu tanpa alat perekat, kawat atau bantuan lainnya.

Batu-batu diberdirikan tegak murni dengan ketepatan peletakan antara satu batu dengan lainnya. Kebanyakan orang mengkategorikannya sebagai bentuk seni.

Menyusun batu-batuan yang bentuknya berbeda satu sama lain jelas memerlukan teknik dan pengetahuan mengenai keseimbangan yang lebih dari cukup.

Ada berbagai macam gaya dalam rock balancing. Gaya yang paling susah untuk dilakukan adalah rock stacking. Dalam gaya ini, batu-batu disusun secara vertikal. Bahkan ada praktisi rock stacking yang bisa meletakkan batu berukuran besar di atas batu-batu kecil di bawahnya.

Gaya kedua adalah classic balance. Gaya ini tak membutuhkan keahlian seperti gaya rock karena dua batu disusun secara horisontal, saling menyangga dalam posisi berdampingan satu sama lain. Gaya ketiga adalah gaya bebas. Di gaya bebas ini, seniman atau praktisi rock balancing bisa memadukan teknik yang dikuasai untuk membentuk suatu susunan yang menarik.

Adapun untuk susunan batu-batu di Sungai Cidahu yang kemudian viral di media sosial, kebanyakan di antaranya menggunakan teknik rock stacking. Yang menarik, si pembuat menyusun batu-batu di tengah derasnya arus sungai, ini jelas memerlukan teknik tersendiri. (  Yudha Saputra

Berbagai desain unik dalam seni ” Rock Balancing “

/ Red )

BACA JUGA:  Perpisahan Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 1 Metro, Perkuat Karakter Ke - Islaman Lulusan