Rempi Hasugian Bintara Penrem 045/Gaya Ikut Pelatihan Kehumasan Dan Jurnalistik Di Kampus UI Ini Yang Menjadi Temuannya

201

Inspirasi Post || 9 September 2021

Jakarta (Depok) – Rempi Hasugian Bintara anggota Penrem 045 Garuda Jaya berkesempatan mengikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemampuan Kehumasan Dan Jurnalistik di Kampus Universitas Indonesia (UI) di Jakarta Depok.

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dan TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam bidang peningkatan kualitas kemampuan Kehumasan dan Jurnalistik untuk unsur pimpinan dan insan Penerangan jajaran TNI AD.

Kepada Jejaring Media Pers Babel, anggota Penrem 045/Gaya Rempi menyampaikan berkat kerja sama antara dua lembaga tersebut, pendidikan vokasi Kehumasan dan Jurnalistik sudah dilaksanakan sebanyak dua kali, gelombang pertama tahun 2020 dan gelombang kedua di mulai tanggal 01 hingga 14 September 2021.

“Pendidikan vokasi Kehumasan dan Jurnalistik gelombang dua ini diikuti oleh 170 orang prajurit dan PNS jajaran TNI AD, 70 orang peserta merupakan unsur pimpinan yang dilaksanakan secara virtual, sementara 100 orang dilaksanakan secara tatap muka yang di laksanakan di Kampus UI Depok Jawa Barat,” kata Rempi melalui rilisnya yang disampaikan kepada jejaring media ini, Rabu (8/09/2021).

Foto: Wawancara dgn Sharoen

Diungkapkannya, bahwa dibalik kerjasama antara TNI AD dengan UI tersebut ternyata ada persamaan antara dua lembaga ini, persamaannya terutama dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan serta pelestarian lingkungan masing-masing lembaga.

“Seperti pengelolaan sampah, kebersihan dan keindahan lingkungan serta pengadaan sarana prasarana contoh sarana olah raga, kesehatan dan lainnya” ungkap anggota Penrem 045/Gaya dengan pangkat Sersan Kepala.

Lanjutnya, penilaian persamaan ini berdasarkan temuan langsung di lapangan selama sepuluh tahun sebagai personel Penerangan yang sering turun ke satuan satuan TNI AD. Dan saat dirinya mengikuti pelatihan kehumasan dan Jurnalistik di kampus Universitas Indonesia selama 8 hari jadi, baik selama proses belajar maupun di luar pelatihan dengan melalui kegiatan berolah raga mengelilingi kampus, disitulah ia mengetahui adai persamaan pengelolaan dan pemanfaatan serta pelestarian lingkungan masing-masing.

BACA JUGA:  Tanamkan Tertib Berlalu Lintas pada Pelajar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Unit Kamsel Melaksanakan Sosialisasi Tertib

“Tentang kesamaan TNI AD dengan UI di benarkan oleh Dissy Ekapramudita freelance fotografer, bahwa TNI pada umumnya selalu memanfaatkan dan memberdayakan lingkungan Markas selain untuk keindahan dan kerapian, juga di manfaatkan sebagai alternatif dalam menghasilkan kebutuhan pangan.”ungkapnya.

 

    Foto :  Rempi saat wawancara dengan Dissy Ekapramudita seorang photograper freelance

 

Sama halnya dengan UI, lingkungan Kampus benar-benar asri dan dijaga kelestariannya, tampak pepohonan mewarnai ruang terbuka kampus dan sebagian di manfaatkan sebagai lahan pertanian, itu yang disampaikan Rempi saat mewawancara Dissy seorang photograper freelance.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sharoen Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

” Markas TNI teratur, selalu rapi dan indah begitu juga dengan UI, nyata rapi bersih serta sejuk, di kelilingi pepohonan yang rindang, kemudian ada beberapa kolam retensi untuk menghindari banjir.” pungkas Rempi mengutip wawancaranya dengan mahasiswi Universitas Indonesia di sela-sela pelatihan peningkatan kemampuan kehumasan dan Jurnalistik. (Redaksi)