Relawan Bela Alam Totalitas Selamatkan Bumi dari ‘ Kerusakan Alam ‘

155

Jawa Barat-Relawan Bela Alam terbentuk untuk mendukung upaya2 mengurangi resiko terjadinya bencana alam, penanggulangan bencana dan penanggulangan kerusakan alam.

Berawal dari Inisiasi Panlima Kodam III Siliwangi saat itu dijabat oleh Letjen TNI Doni Munardo yang sekarang menjabat Kepala BNPB.

Dari inisiasi itu lahir gagasan mendeklarasikan Relawan Bela Alam diwilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur, Deklarasi RBA digagas oleh Danrem 061/Suryakancana pada waktu dijabat oleh Brigjen TNI Muhamad Hasan yang sekarang menjabat WADANJEN KOPASSUS.

Dekalrasi RBA wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur diwakili dari berbagai lintas komunitas pecinta alam, penggiat alam terbuka, pendaki gunung, seniman, budayawan, pecinta motor dan para petualangan alam terbuka lainya.

Kegiatan pokok RBA adalah kegiatan barbasis lingkungan dan kemanusiaan diataranya merehabilitasi alam yang rusak, mengurangi resiko terjadinya bencana, pendidikan & kampanye upaya pelestarian alam dan Penanggulangan saat bencana terjadi.

kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan oleh RBA berada di kawasan Puncak Bogor dan Cianjur. Diantaranya penanggulangan kerusakan kawasan Talaga Saat Titik Nol Kilo Meter Ciliwung di puncak.
Penaman pohon di berbagai tempat di kawasan Hijau Bogor Puncak Cianjur
Pemantauan dan Penaman pohon di Kawasan Karst Gn.Kapur Ciampea Bogor.

Monitoring Kawasan Hutan Penyangga Gunung Gede Pangrango Halimun Salak sebagai sumber hulu sungai.Komunikasi lintas potensi SAR penanggulangan bencana alam & kemanusiaan serta memantau daerah-daerah rawan kerusakan lingkungan dan potensi bencana,Tim Satgas Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor. ( Red / Dha / rls )

BACA JUGA:  Keren !! Dalam Waktu Tiga Bulan, Polres Way Kanan Ungkap 33 Kasus Kejahatan