Rakor PPMD Lampung Timur ” Inovasi Desa “Merupakan Amanah Undang Undang

263

Way Jepara – Pemerintah kabupaten Lampung Timur melalui  Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD) menggelar rapat koordinasi progam inovasi Desa kabupaten Lampung Timur 2019, sebagai salah satu amanah dari keberadaan Undang- Undang Nomor 6 tentang Desa ialah adanya fasilitas untuk menciptakan Desa-Desa di Indonesia yang demokratis, mandiri, dan sejahtera.

Program Inovasi Desa ialah pendampingan yang dilakukan untuk mendorong pemanfaatan dana Desa lebih berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Program Inovasi Desa baru berjalan selama dua tahun ini. Lewat program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD) itu telah menghasilkan sejumlah inovasi dari Desa-Desa di Indonesia.Program Inovasi Desa dioptimalkan melalui dana Desa yang telah disalurkan ke 74.957 Desa di Indonesia sejak 2015.

Adapun Pelaksanaan rapat koordinasi progam inovasi Desa kabupaten Lampung Timur 2019 di ikuti oleh Camat Se-kabupaten Lampung timur, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lmpung Timur serta TPID-PID, PDTI, PDP dan PLD Se-kabupaten Lampung Timur, bertempat di Hotel Yestoya, Way Jepara, Lampung Timur (02/05/2019)lalu seperti dilansir dari laman resmi pemerintah kabupaten lampung timur.

Menurut Diki, Pembelajaran inovasi Desa ini dapat benar-benar menyiarkan fakta sosiologis upaya-upaya Desa ini membangun keberdayaan prikehidupan dari pinggir sehingga kepercayaan publik kepada Desa semakin besar karena kemampuan Desa membangun serta menjaga kepercayaan negara dalam bentuk limpahan kewenangan dan subsidiaritas.

( Adv / Dha / Kominfo )

BACA JUGA:  Perpres Direvisi, Masa Jabatan Kepala SKK Migas Dibatasi 4 Tahun