Plt Bupati Lamteng Loekman Buka Festival Ogoh-ogoh di Seputih Banyak

551
Plt Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto saat menghadiri dan membuka festival ogoh-ogoh di Kecamatan Seputih Banyak.

Seputih Banyak, Inspirasi Post – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto membuka festival ogoh-ogoh yang merupakan diparadekan dalam ajang tahunan tersebut. Parade ogoh ogoh kali ini dipusatkan di lapangan merdeka Kecamatan Seputuih Banyak, Kamis (15/3/2018).

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamteng, Hi.Loekman Djoyosoemarto saat tiba dilokasi langsung ditandu mengelilingi arena parade dengan didampingi Wakapolres Lampung Tengah, Ketua DPRD Lampung Tengah dan Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah.

Plt. Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto dalam sambutannya menyatakan bangga karena ogoh-ogoh telah menjadi bagian dari kekayaan budaya di Lampung Tengah. “Ia juga bangga, karena jumlah peserta dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurutnya, festival ogoh-ogoh merupakan rangkaian kedua dari sebelumnya acara Melasati di Kecamatan Seputihbanyak. Pihaknya berjanji akan terus menjaga seluruh kekayaan budaya di Lampung Tengah tanpa melihat latar belakang suku dan wilayahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Loekman menambahkan, dengan digelarnya parade ogoh ogoh ini kedepannya diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk menggali, mengenalkan memasyarakatkan dan mengukuhkan exsistensi budaya dan kesenian lokal di Lampung Tengah. Ia mengatakan, parade ogoh ogoh ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan refleksi dari seluruh kegiatan atau aktifitas seniman.

Selain itu, Loekman Djoyosoemarto mengingatkan, banyaknya kebudayaan yang ada di Lampung Tengah ini, maka seluruh warga masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati. Usai memberi sambutan Plt Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto di beri kehormatan untuk melakukan pemukulan gong sebagai pertanda parade ogoh ogah ini secara resmi di buka.

Tempat terpisah, Ketua pelaksana parade Ogoh-goh, Komang mengatakan parade ogoh ogoh ini merupakan agenda tahuan dengan tujuan degelarnya Parade Ogoh-ogoh adalah dalam rangaka menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940, adapun jumlah peserta yang ikut bagian dalam parade ogoh-ogoh ini sebanyak 40 peserta yang terdiri dari 25 peserta dewasa dan 15 peserta anak-anak,” pungkasnya. (Ipung/Red)
Editor: Purwadi

BACA JUGA:  Kurikulum 2013, Siswa SDN 1 Nunggal Rejo Mandiri dan Berani
Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)