Petani Riau, ‘Selamat Ulang Tahun PRD’ , Terus Berjuang Untuk Rakyat !

167

Riau-Perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun ke 23 Partai Rakyat Demokratik (PRD) dalam bentuk Panggung Budaya berjalan meriah. Bertempat di Taman Labuay, Pekanbaru, Kamis 1 Agustus 2019. Panggung Budaya dimeriahkan dengan pertunjukan Monolog “Kemerdekaan” karya Putu Wijaya oleh Erik, salah seorang seniman yang juga petani organik.

Selain pementasan Monolog, Suharyoto selaku Ketua Komite Pimpinan Wilayah PRD Riau juga membacakan puisi pendeknya sebagai apresiasi terhadap partai tempat ia bernaung dan berjuang. Dalam sambutannya, seniman yang akrab disapa “Mas Aryo” ini mengingatkan kepada para kader dan simpatisan PRD tentang arah dan tugas perjuangan kedepan.

“Pancasila sudah menjadi jatidiri bangsa kita, dasar negara kita, dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam adat istiadat bangsa kita, tentu saja memenangkan Pancasila bukan tugas PRD saja, melainkan tugas seluruh elemen bangsa, karena itu secara aktif kami mengajak ke jalan persatuan nasional untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.”

Pada acara puncak perayaan ulang tahun PRD ini, Mas Aryo didampingi Antony Fitra selaku pengurus harian juga memberikan kehormatan dengan pemotongan Nasi Tumpeng oleh mereka yang berjasa dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Pak Arif selaku petani organik yang berdomisili di Pandau, Pekanbaru mendapat kehormatan pertama. Potongan Tumpeng pertama diberikan kepadanya karena dinilai berjasa dalam mengorganisir rakyat dalam bercocoktanam organik.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada PRD dan sebagai simpatisan, saya sangat berharap PRD bisa tetap konsisten dan tetap berjuang untuk kedaulatan pangan. Selamat ulang tahun PRD.” ucapnya dalam sambutan.

Setelah Pak Arif, giliran Bu Murni yang mendapat penghormatan atas jasanya dalam perjuangan mempertahankan hak atas tanah di Desa Sikijang, Tapung Hilir, Kampar. Senada dengan Pak Arif, Murni yang tampak sangat gembira juga mengapresiasi keterlibatan PRD dalam perjuangan sengketa agraria di desanya.

BACA JUGA:  Situs Purbakala " Pugung Rahardjo " Sebuah Kearifan Lokal Lampung Timur Harus Terjaga

Dalam pernyataannya, Antony Fitra selaku Sekretaris PRD Riau merangkap ketua panitia acara juga mengapresiasi kinerja Polda Riau yang sukses mengawal acara “Panggung Budaya” Peringatan HUT PRD ke 23.

“Salut ya, kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Polda Riau, Polresta Pekanbaru dan Polsek Bukit Raya yang telah mengawal acara kami sejak pembukaan hingga selesai acara. Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar.” ucapnya saat diwawancarai diakhir acara.

Menurut pantauan kami, polisi yang berjumlah kurang lebih 20an orang sudah tampak berjaga disekitar Taman Labuay dab lokasi acara sejak pukul 12.30  Wib hingga berakhir acara pada pukul 16.00 Wib.

Saat pidato politik, Aryo berkali-kali menegaskan bahwa gotong royong merupakan modal utama bangsa ini dalam memajukan peradaban dulu kala hingga penggalian kembali oleh Bung Karno ditahun 1945.

“Memenangkan Pancasila berarti menempatkan Pancasila kembali pada tempat yang seharusnya, yakni jati diri bangsa Indonesesia dan dasar negara kita, kembali pada pembukaan UUD 1945 dimana Pancasila menjadi bagian yang tidak terpisahkan.” jelas Aryo.

Menurutnya, Pancasila di zaman Orde Baru sudah sangat terdistorsi dan tinggal hanya sebatas slogan kosong. Untuk itu, Pancasila sebagai “ruh” dan tujuan bernegara harus kembali ditegakkan bersama-sama demi mewujudkan cita-cita berdirinya Republik Indonesia yakni melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan mewujudkan kesejahteraan sosial.

“Tentu saja PRD punya konsep bernegara, namun tidak bisa hanya satu golongan, tidak bisa hanya PRD saja, melainkan persatuan, itulah gotong royong, yakni bersama-sama kembali pada semangat Pembukaan UUD 1945 dimana Pancasila menjadi bagian yang tak terpisahkan. Itulah yang kami maksud dengan Menangkan Pancasila yang akan menjamin kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

BACA JUGA:  FORPETRA Minta Pemerintah Kota Metro Berikan Fasilitas " Yang Layak " Bagi Pedagang Tradisional

( Red / Dha / Rls )