Pendidikan dan Kebudayaan Menjadi Skala Prioritas Utama Kabupaten Lampung Utara

108

Lampung Utara-  Kelurahan Kotabumi tengah mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangkaian penyerapan anggaran Dana Kelurahan (DK) pada Agaran Th -2020 pemberdayaan masarakat. yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kotabumi Tengah ,Kecamatan Kotabumi Kota. Kabupaten Lampung Utara.

Pada kegiatan tersebut Turut hadir Camat Kotabumi, Nujum Masya, SE., MM; Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara (Lampura) yang diwakili oleh Rani Rahayu Pembinaan Pendidik Dan Tenaga (PTK), Amalia Umnis, S.Pd., MM Kasi Tenaga Pendidik, . Lurah Kotabumi Tengah M.Toha ,SE. Beserta setap, jajaran dan kepegawaian kelurahan Kotabumi Tengah. Dan segenap warga masarakat kelurahan kotabumi tengah. Kabupaten lampung utara.

Camat Kotabumi, Nujum Masya, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten lampung utara sangat mengerti dengan kodisi pendidikan dalam dampak covid-19 saat ini dan bagai manapun kebali kepada diri kita sebagai orang tua, yang harus cukup pintar mengatur waktu dalam medidik mamacu semangat sang anak dalam melatih dan mesti berperan penting danlam memdidik dalam membantu pembelajaran anak dampak dari wabah covid-19 saat ini. Ujarnya.

Dan budya, adat istiyadat dan teridisi kita lampung mesti harus tetap di lestarikan, bermula dari berbahasa, seni, dan adat pepadun, musik, dan tari. dari turun temurun peningalan daerah di lampung utara. Harus tetap mejiwa, bermula dari diri kehidupan kita sehari-hari, sampai pada anak dan cucu kita nantinya.

Sementara, Lurah Kotabumi tengah , M.Toha mengimbau kepada seluruh peserta Sosialisasi kelurahan,Agar dapat benar-benar memahami materi yang akan disampaikan oleh narasumber agar pemahaman tentang pembelajaran dimasa pandemi covid-19 dapat dipahami dengan baik. Dan dapat berupaya bersama guna melacarkan mutu pendidikan anak dalam mencerdaskan anak bangasa. Dan terus memantau, tatacara kehidupa dan melatih anak usia dini. Agar dapar belajar mandiri, mendidik anak menjadi lebih baik lagi,  ujar M.Toha ,  lurah Kotabumi tengah.

BACA JUGA:  Diresmikan Presiden Jokowi, KA Minangkabau Ekspres Beroperasi Dengan Tarif Rp5.000-Rp10.000

Dan di lanjutkan dalam sesi tanya jawab. Antara masarakat kelurahan kotabumi tengah, kepada yang mewakilkan dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara.

Rani Rahayu Pembinaan Pendidik Dan Tenaga (PTK), dan Amalia Umnis, S.Pd., MM Kasi Tenaga Pendidikan. Mencoba menerapkan kepada masarakat kekurahan Kotabumi Tengah. menyampaikan bahwa prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19 adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakatnya merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran.
“Tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi, covid-19” Terangnya.

Lanjutnya, Pembelajaran tatap muka disatuan pendidikan tetap hanya diperbolehkan untuk satuan pendidikan yang telah memenuhi daftar periksa, diantaranya adalah ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, mampu mengakses fasilitas pelayana kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, Mencuci tangan dan menerapkan untuk selalu dapat menjaga jarak.
Selain itu satuan pendidikan memiliki pemetaan warga dan mendapatkan persetujuan komite sekolah. Ujarnya.

M.Toha,SE. Berharap Semoga adanya kegiatan sosialisasi Di Kelurahan Kotabumi Tengah, Kecamatan Kota ini, sangatbermampaat bagi masarakat, dan lebih menigkatkan mutu. pemahaman dalam pemdidikan dan lebih melestarikan Adat, budaya kabupaten Lampung. Dan berharap dampak Covid-19 ini semoga segera Berakhir . ( Red / Gusbandi )