PANGKOARMADA III MOTIVASI CALON GADIK DIKMABA DAN DIKMATA PROGRAM KHUSUS WILAYAH PAPUA

39

Sorong – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., memotivasi calon tenaga pendidik (Guru Militer, Instruktur, Pelatih, Pembimbing, dan Pengasuh) yang akan bertugas memberikan pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan pada Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut Program Khusus Wilayah Papua tahun anggaran 2020.

Pangkoarmada III menyatakan optimis kepada calon Gadik Dikmaba dan Dikmata TNI AL Program Khusus Wilayah Papua tahun anggaran 2020 dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut dikemukakan Pangkoarmada III ketika memberikan pembekalan akhir kepada calon Gadik yang sedang mengikuti Kursus Teknologi Pendidikan selama sembilan hari di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (19/6-2020). Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan para Asisten Pangkoarmada III.

Pangkoarmada III mengharapkan kepada peserta Kursus Gadik tersebut mampu membuat rencana garis besar program pembelajaran siswa, persiapan mengajar dan praktek mengajar siswa, program dan pembimbingan siswa serta mampu melaksanakan konseling terhadap siswa. Perhatikan sosio-antropologi, kebiasaan, adat istiadat dan kearifan lokal selama kalian melatih dan mengasuh siswa tersebut,” ujarnya.

Sustekdik Dikmaba dan Dikmata TNI AL Program Khusus Wilayah Papua ini diselenggarakan Koarmada III dengan Instruktur Gadik Kodiklatal, yakni Kolonel Laut (P) Hendri Suprianto dan Letkol Laut (K) Wiranto, S.Pd, M.Sc dan diikuti peserta 56 orang. Selama kursus berlangsung menerapkan protokol kesehatan Covid-19, diantaranya peserta dan instruktur dilakukan pengukuran suhu badan, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum mengikuti pelajaran, dan seluruhnya memakai masker.

BACA JUGA:  *"Luar Biasa Istri Prajurit Jadi Kepala Kampung Di Perbatasan Merauke*

Kursus ini merupakan salah satu rangkaian penyiapan penyelenggaraan Dikmaba dan Dikmata Prajurit Karier TNI AL. Pendidikan tersebut selamat enam bulan, yaitu Pendidikan Dasar Militer di Katapop, Pendidikan Dasar Golongan (Kejuruan) di Sorong serta latihan dan praktek di Kapal Perang RI jajaran Koarmada III selama dua bulan. Program khusus penerimaan prajurit TNI AL tersebut dalam tahap pendaftaran di Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P. (Red/Rik)