Mugio, S.Pd: K3S Batanghari Terapkan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan Sehat

837
Ketua K3S Kecamatan Batanghari, Mugio, S.Pd saat berikan keterangan terkait Program sekolah berwawasan lingkungan sehat. Foto: Sampurna

Lampung Timur, Inspirasi post – Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Mugio, S.Pd mengatakan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, maka diperlukan beberapa kebijakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar program Adiwiyata, yaitu partisipatif dan berkelanjutan.

Menurutnya, program yang sudah kita terapkan di setiap SD dan MI se-Kecamatan Batanghari sekitar 40 sekolah. Kami tidak sendiri, melainkan kerja sama dengan Puskesmas dan pihak Kecamatan. Program ini, kata Mugio sangat baik serta bermanfaat bagi semua kalangan agar terbiasa dan berpegang pada disiplin berwawasan kesehatan,” tegas Kepala SDN 3 Desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari Mugio kepada Inspirasi Post, Selasa (10/4/2018).

Kepala SD Negeri 3 Batanghari, Mugio, SPd menunjukan lingkungan sekolah sehat tanfa asap rokok.

Lebih lanjut Mugio yang di tokohkan oleh masyarakat Batanghari ini menjelaskan, keberhasilan progaram kebersihan lingkungan, tidak semata-mata menjadi tangung jawab internal sekolah. Namun, menjadi tanggung jawab banyak fihak, yakni seksi penyuluh dan pengawasan, orang tua siswa serta tamu yang tak terduga dari asal kedatangannya.

Sekolah berwawasan lingkungan, kata Mugio, berarti sekolah menuju adiwiyata yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata, diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita,” jelasnya.

Mugio menambahkan, selain menjaga lingkungan bersih, SD Negeri 3 Batanghari, juga menerapkan ruang atau area dilarang merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan produk tembakau. Kawasan Tanpa Rokok (KTR) berlaku di lingkungan sekolah, yakni tempat belajar mengajar, tempat bermain, ibadah, tempat kerja dewan guru,” ungkapnya.

Demi terwujudnya lingkungan sekolah sehat, kami tidak pandang bulu siapapun ketika sedang berada di area lingkungan sekolah kami dilarang merokok. Hal ini kami terapkan, demi terciptanya sekolah berwawasan lingkungan sehat. Kami menghimbau kepada sekolah se-Kecamatan Batanghari, agar dapat mendukung untuk keberhasilan program sekolah sehat yang sedang kita galakkan,” harap Mugio. (Sampurna/Red)

BACA JUGA:  Bertemu Para Sekjen Partai, Pemerintah Siapkan Yang Perlu Dikomunikasikan

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)