Miris !! Masyarakat Hadimulyo Barat Ini Layak Terima PKH, Sayang Tak Tersentuh

576
Miris keadaan rumah warga 22 Gang Harapan, Kelurahan Hadimulyo Barat sangat memprihatinkan. Seharusnya berhak mendapatkan bantun PKH tersebut.

METRO, Inspirasi Post – Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan lewat Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro, kembali menuai protes warga 22 Gang Harapan Kelurahan Hadimulyo Barat.

Pasalnya, bantuan PKH yang seharusnya diperuntukan bagi keluarga prasejahtra di Kota Metro ini, tapi justru yang menikmati ada keluarga yang notabene sudah mampu dan memiliki penghasilan yang mapan untuk menopang kehidupan keluarganya. Dari pantauan Inspirasi Post dilapangan, masih ditemukan masyarakat di RT 29 gang Harapan yang layak menerima bantuan, tapi justru tidak mendapatkan.

Salah satu rumah warga 22 Gang Harapan, Kelurahan Hadimulyo Barat yang tidak mendapat bantuan PKH.

“Anak saya masih sekolah SD dan saya hanya bekerja sebagai buruh rumah makan, sehingga pengasilan hanya cukup untuk makan. Penerima bantuan lain, ada yang mempunyai rumah yang layak, bahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan bantuan PKH. Jadi tolong Bapak Walikota Metro dan Bapak Presiden Jokowi dapat melihat kami,” ungkap Aprina,” Kamis (3/5/2018).

“Ini tidak adil, kata Aprina, masyarakat yang miskin termasuk saya, tapi malah tidak menerima bantuan PKH. Sementara mereka yang lebih kaya, malah dapat bantuan PKH. Makanya saya protes dan minta, agar Dinas Sosial Kota Metro dapat mendata kembali, mana yang berhak menerima bantuan PKH tersebut.

Ia tidak tahu, kenapa keluarga yang tergolong mampu dibanding dirinya malah mendapatkan bantuan tersebut. “Kalau bantuan itu untuk keluarga yang mempunyai anak usia sekolah, saya juga punya. Tapi kenyataanya saya tidak mendapatkan bantuan itu,” pungkasnya.

Tempat terpisah, Direktur Executif Masyarakat Transparan  Institute (Matta – Institute) Kota Metro, Yudha Saputra menegaskan, proses seleksi calon penerima PKH seharusnya dievaluasi kembali. Karena kedapatan memang di lapangan, para petugas pengumpul data atau yang menetukan layak tidak seseorang mendapatkan bantuan PKH, sebagian besar tidak mengacu pada aturan yang ada.

BACA JUGA:  Ada Apa ?!, Empat Petugas Periksa Mobil Menko Maritim

Tetapi lebih, karena ada hubungan kekeluargaan, pertemanan, orang yang sejalan dengan pemerintah atau bekas team suksesnya tersebut. Menurutnya, hal inilah yang menyebabkan penerima PKH di 22 Hadimulyo Barat salah sasaran,” ungkap Yudha. (Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)