Mesti Tak Terikat Regulasi, CV TIN Tetap Rangkul dan Berdayakan Masyarakat Pesisir Sungailiat

58
Foto: Pemberian santunan sosial kepada pengurus Masjid Lingkungan Nelayan 2 yang disaksikan oleh aparatur lingkungan.

Inspirasi Post || 14 November 2021

BANGKA BELITUNG, — Keseriusan CV Timah Indo Nagari (TIN) selaku mitra PT Timah Tbk dalam melaksanakan tanggung jawab morilnya kepada masyarakat pesisir dibuktikan melalui pemberian santunan sosial untuk dua Masjid yang ada di Lingkungan Nelayan 1 dan Nelayan 2, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Jumat (12/11/2021) pagi kemarin.

Dijelaskan oleh Humas CV TIN, Muhamad Ali, bantuan tersebut sebagai ujud komitmen dari pihak perusahaan untuk membangun sinergi sosial sekaligus menguatkan ukhuwah keumatan.

“Alhamdulillah kemarin sudah kita serahkan langsung ke pengurus Masjid Lingkungan Nelayan 1, ya. Di situ ada pak H. Nono dengan pengurus lainnya. Kemudian untuk Masjid Lingkungan Nelayan 2 diserahkan langsung ke pihak masjid juga,” ungkap Ali.

Foto: Pemberian santunan sosial kepada pengurus Masjid Lingkungan Nelayan 2 yang disaksikan oleh aparatur lingkungan.

Ia menambahkan kalau santunan untuk masjid itu nantinya akan bergulir juga ke beberapa masjid lainnya yang ada di kawasan pesisir Sungailiat.

“Masjid Parit Pekir, Nangnung, dan lainnya, biar merasakan lah walau pun sedikit-sedikit, ya,” ujarnya.

CV TIN juga, lanjut tokoh pesisir Sungailiat itu, akan terus bersinergi dan berbagi dengan masyarakat pesisir, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini yang menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat mengalami paceklik.

“Mereka (warga-pen) berterima kasih. Bahkan saran dari tokoh masyarakat Nelayan 1, pak H. Nono jangan cuma di sini saja, tapi bantu juga masyarakat pesisir yang lainnya,” ujar Ali.

Padahal sesuai Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kewenangan wilayah kabupaten yang semula mencakup 0-4 mil dari garis pantai ke arah laut lepas telah ditiadakan dan dialihkan kepada pemerintah provinsi.

Namun meski secara kewilayahannya kegiatan penambangan laut tersebut tidak masuk lagi ke dalam wewenang pemerintah kabupaten, tapi tak menyurutkan komitmen CV TIN untuk tetap memberdayakan masyarakat yang berdomisili di sekitar operasi penambangan perusahaan.

Komitmen CV TIN itu pun turut mendapatkan apresiasi dari Kepala Lingkungan Nelayan 2, Syarifudin, saat diwawancara beberapa waktu lalu.

“Pihak CV TIN komit apa yang kita sepakati sebelumnya, alhamdulillah. Saya juga bilang ke seluruh perangkat lingkungan uang itu betul-betul digunakan untuk kepentingan lingkungan. Jadi saya bagikan langsung per RT, Karang Taruna, Ketua PPKK, agar diberdayakan dan dikelola untuk kepentingan masyarakat,” ujar Syarifudin.

Syarifudin mengucapkan terima kasih atas bantuan kompensasi, pembangunan fasilitas jalan untuk masyarakat, serta santunan sosial untuk Masjid yang telah diberikan oleh CV TIN selama ini.

Ke depan ia berharap dapat membangun sinergi yang lebih strategis lagi dengan mitra kerja PT Timah Tbk itu dalam memberdayakan masyarakat pesisir, baik di Lingkungan Nelayan 1 maupun Nelayan 2.

“Saya mohon dukungan dari seluruh perangkat CV TIN. Mari bantu saya membangun wilayah pesisir,” pinta Syarifudin di depan seluruh perangkat RT Lingkungan Nelayan 2.

BACA JUGA:  Mikron Sesalkan  Eksekusi Rumah Mantan Karyawan PT Timah Tidak Ada Koordinasi Dengan Satgas Covid