Merajut Persatuan Nasional Melalui Ajang ‘ Pemilihan Duta Anti Hoax ‘ di Propinsi Lampung

126

Lampung – Maraknya penyebaran hoax (berita palsu) melalui internet, media sosial maupun media komunikasi online pada kurun waktu yang singkat telah menjadi suatu bentuk ancaman ataupun penyesatan informasi bagi masyarakat.

Hoax dengan berbagai macam isu sosial, ekonomi, politik sudah menjadi hal yang bebas disebarkan melalui media mainstream yang ada tanpa dapat tersaring kebenarannya sebelum sampai kepada publik. Untuk mencegah penyebaran hoax lebih jauh lagi.

Melihat kenyataan tersebut beberapa Insan Pers yang tergabung dalam IMO Indonesia dan Himpunan Pewarta Indonesia Wilayah Lampung meunculkan gagasan membangun semangat memerangi ‘ Hoaxs ‘ melalui beberapa kegiatan dengan menggandeng Diskominfo , TNI – Polri , Ormas serta Elemen Lainya untuk melakukan gerkan bersama dengan satu tujuan memerangi berita bohong dan merajut kembali rasa nasionalisme serta Persatuan Nasional.

 

Yudha Saputra, Deklarator ‘Pemilihan Duta Anti Hoaks’ saat memberikan keterangan kepada awak media mengatakan,Melihat dari fenomena Berita Bohong atau ‘ Hoaxs ‘ saat ini  sudah seperti ‘ Gunung Es’ yang setiap saat mampu mengancam persatuan dan kesatuan, Insan Pers yang tergabung dalam DPW IMO Indonesia, Himpunan Pewarta Indonesia Wilayah Lampung memunculkan satu formulasi gerakan anti hoaks melalui ” Pemilihan Duta Anti Hoaks ” , Deklarasi Perangi Hoaks serta Pembentukan ‘ Lasykar Anti Hoaks ‘.

” Agenda ini diharapkan mampu menjadi sebuah solusi melalui gerakan bersama memerangi berita bohong atau kerap disebut ‘ Hoaks ‘ yang sudah barang tentu mempunyai tujuan tidak baik bagi keberlangsungan perdamaiaan di Indonesia.” tegasnya.

Sementara itu, Agung Pramana , selaku koordinator Gerakan tersebut menambahkan, strategi komunikasi yang dilaksanakan harus dipadukan dengan gerakan nyata dari tingkat bawah hingga atas ( Botom Up – Top Up ) artinya perang melawan berita bohong tidak hanya melalui slogan saja melainkan harus lebih dikemas dalam gerak dan strategi lain yang lebih kepada memberikan edukasi, kampanye , kretaifitas serta pemahaman pentingnya menjaga keutuhan bangsa.

BACA JUGA:  Mantap ?!?,  fully funded Akan Menjadi Basis Skema Dana Pensiun ASN

” Memerangi berita bohong tidak hanya berhenti pada pemasangan banner atau spanduk , diskusi serta berkumpul saja tetapi harus ada kegiatan yang bersifat edukasi, kampanye , kegiatan kreatifitas serta memahami bahwa sebagai generasi muda harus mengetahui betapa para pendahulu bangsa atau pahlawan Negara ini berjuang mempertaruhkan nyawa demi sebuah kemerdekaan Indonesia , maka selayaknya kita menjaga dan memepertahankan serangan ini.” ujar Aktivis muda yang dikenal kritis ini.

 

Untuk diketahui, ” Pemilihan Duta Anti Hoax ” merupakan ajang membangun semanat nasionalisme serta mengambil semangat kepahlawanan pendahulu bangsa dengan mengambil target peserta yang bersal dari pelajar dan mahasiswa yang ada di Propinsi Lampung. Dengan melakukan pendaftaran ke Sekretariat IMO Indonesia dan Himpunan Pewarta Indonesia Wilayah Lampung di Komplek Prasanti Blok C 1 No 9 Kota Metro atau melalui narahubung melalui telpon 081379486360 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut melalui koordinator acara ( Agung Pramana ) ataupun melalui pamflet digital dan media penyebaran yang ada.

Lesty Putri Utami,SH,Mkn,Anggota DPRD Propinsi Lampung saat memeberikan dukungan nya kepada Panitia beberapa waktu lalu mengatakan, ” Ini sebuah gerakan yang sangat bagus apalagi ditengah kondisi bangsa saat ini yang bener benar mengalami perpecahan atau gesekan akibat merebaknya berita bohong atau hoax, jika tidak cepat ditanggulangi maka akan menyebabkan rusaknya rasa nasionalisme bahkan persatuan dan kesatuan bangsa akan terpecah.” Ujar Tokoh Masyarakat Lampung Ini beberapa waktu lalu.

Sementara itu , Achmad Pairin , Walikota Metro saat memberikan dukungannya disela sela audensi dengan Jajaran Pengurus DPW IMO Indonesia dan Himpunan Pewarta Indonesia Wilyah Lampung mengatakan, Ini merupakan sebuah terobosan yang sangat bagus sekali , memang diperlukan kreatifitas serta bagaimana membangun semangat generasi mudauntuk memanfaatkan kemajuan teknologi dengan bijak dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong.” Ujar Walikota Ini.

BACA JUGA:  IMO Indonesia 'Puji' Langkah Kapolri dan Panglima ABRI Pulihkan Kedamaiaan Papua

 

 

Kegiatan ” Pemilihan Duta Anti Hoax ” merupakan salah satu rangkaiaan kegiatan dalam rangka Peresmian atau Pelantikan DPW IMO Indonesia dan Himpunan Pewarta Indonesia Wilayah Lampung yang akan berlangsung pada November 2019 ini, selain itu akan ada agenda Diskusi Publik serta agenda lain.Serta memperingati dan memaknai ” Hari Pahlawan ” sebagai sebuah semangat dan bentuk rasa nasionalisme untuk kembali merajut persatuan nasional yang terpecah akibat maraknya berita bohong alias Hoaxs.

( Red / Yuki / Rilis )