Mantan Kapolda Lampung Jadi Panglima Pemberantasan Narkoba di Indonesia

845
Heru Wijarnako , mantan Kapolda Lampung yang dilantik menjadi Kepala BNN

JAKARTA, Inspirasi Post – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, mantan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga pernah menjabat Kapolda Propinsi Lampung, Heru Winarko yang baru di lantik menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) membawa standar-standar dari KPK ke BNN.

“Baik standar mengenai governance, standar mengenai tata kelola organisasi, dan yang paling penting sisi integritas,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai melantik Irjen Pol. Heru Winarko sebagai Kepala BNN, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3) pagi.

Presiden mengingatkan, bahwa di BNN ada peredaran narkoba, duitnya besar sekali, demikian juga omsetnya juga gede sekali. Sehingga gampang menggoda orang untuk berbuat tidak baik.

“Ia minta Kepala BNN menjawab tantangan agar semakin sedikit narkoba yang masuk, dan bisa menurunkan sebanyak-banyaknya penggunya narkoba. “Artinya, dari sisi rehabilitasi baik, dan dari sisi pencegahan agar barang tidak masuk juga semakin baik,” tegasnya.

Presiden Jokowi menegaskan, Kepala BNN adalah lembaga pemerintah non kementrian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui koordinasi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tugas Kepala BNN yaitu, menyusun dan melaksanakan kebijakan nasional mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Selanjutnya, kata Presiden, mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika serta meningkatkan kemampuan lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial pecandu Narkotika, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Masih di katakan Presiden Jokowi, tugas Kepala BNN memberdayakan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Seperti, memantau, mengarahkan dan meningkatkan kegiatan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika serta Psikotropika Narkotika. Melalui kerja sama bilateral dan multiteral, baik regional maupun internasional, guna mencegah dan memberantas peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

BACA JUGA:  Hi.Zaiful Bukhori di Tetapkan Sebagai PLT Bupati Lampung Timur

Selanjutnya, BNN mengembangkan laboratorium Narkotika dan Prekursor Narkotika, seperti melaksanakan administrasi penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika serta membuat laporan tahunan mengenai pelaksanaan tugas dan wewenang BNN,” tutupnya.

( Purwadi Ardi / Dbs / Red )

Presiden Jokowi menandatangani berita acara pelantikan Heru Winarko sebagai Kepala BNN, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2018) pagi. (Foto: Humas / Dbs)