LSM GETAR : Harus Tepat Dalam Menentukan Skala Prioritas Pembangunan Untuk Mencegah Terjadinya Banjir dan Transparan Kepada Masyarakat

659
Ilustrasi Banjir

Kota Metro , Inspirasi Post-Untuk pertama kali di era pemerinthan Pairin – Djohan , Kota Metro mengalami banjir hingga memberikan klaim ” Kejadian Luar Biasa “. peristiwa tersebut tentunya menjadi sebuah pelajaran berharga bagi stake holder untuk membenahi sistem tata kelola air hingga disiplin menjaga lingkungan dan memberikan edukasi atau gerakan bersama antara jajaran pemerintahan dan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan kebersihan.

Kritikan pedas datang dari LSM Getar ( Gerakan Transparansi Rakyat ) DPD Kota Metro , melalui Sekretaris Jendral nya , Syaheri , sat di wawancarai loleh Inspirasi Post , 01 / 03 / 2018 di ruang kerja nya mengatakan ,

” Tidak Hanya Sampah yang menjadi faktor penyebab terjadinya banjir , tetapi harus dilihat juga dari berbagai aspek seperti sistem tata kelola air / jaringan drainase , pemeliharan / pembangunan ( yang dana nya sudah ada di APBD Kota metro di setiap tahun anggaran , red ), serta periksa kembali beberapa mata rantai sungai atau anak sungai yg ada saat ini, arena hasil penenelusuran kami ada anak sungai yang telah beralih fungsi ” urainya.

Syaheri , Sekjen LSM Getar Kota Metro .

Selain itu ,

” Pihak dinas terkait jangan hanya memberikan peringatan ke masyarakat atau mencarui kambing hitam dengan menyebutkan karena sampah metro bisa banjir , itu sangat tidak logis , dalam mengatasi problematika yang ada seperti ada baiknya semua elemen di undang dan bersama mencari win win solution nya, jangan terbiasa dengan budaya ” kocok bekem ” , setelah terjadi masalah baru mencari solusi dan kambing hitam ” tegas aktivis muda ini.

disisi lain ,

 Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Metro Ir. Eka Arianta mengatakan,

” sampah yang menyumbat di saluran drainase adalah salah satu faktor penyebab terjadinya banjir. Selain sampah, sedimentasi atau pendangkalan drainase juga salah satu penyumbang terjadinya luapan air saat hujan deras.’ Urainya.

BACA JUGA:  Viral!! Penikmat Bakso di Pekalongan Lampung Timur 'Dihajar' Bakso Mercon Jahanam

Menurutnya,

” musim penghujan dengan intensitas tinggi belakangan ini dapat menimbulkan genangan air disejumlah wilayah Kota Metro. Seperti terjadi pada Senin, 26 Februari lalu air menggenang di pemukiman warga. “Kami minta warga yang di depanya ada drainase untuk dijaga kebersihnya dan dirawat. Paling penting, juga drainase jangan ditutup secara permanen agar petugas bisa membersihkan drainase,” kata Eka Arianta kepada Inspirasi Post, Kamis (01/3/2018) di selah kegiatannya.

Seperti diketahui , Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di kota metro adalah yang terparah dalam beberapa periode dasawarsa ini.

( Yudha Saputra / Red)