Lomba Kampung Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan Pembangunan

384
Kepala Dinas PMK, Zulfikar Irwan, S.Sos saat menghadiri lomba Kampung Gaya Baru Kecamatan Seputih Surabaya Lamteng, Rabu (7/3/2018).

LAMPUNG TENGAH, Inspirasi Post – Penyelenggaraan Lomba Kampung di Kampung Gaya Baru Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), diharapkan dapat mempercepat pembangunan di berbagai aspek kehidupan.

Kepala Dinas Pemperdayaan Masyatakat Kampung (PMK), Zulfikar Irwan, S.Sos mengatakan ada tiga kreterian penilaian lomba Kampung, yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dalam perekonomian. Perlombaan Kampung, merupakan satu di antara indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan Kepala Kampung beserta jajaranya bersama masyarakat dalam membangun Kampungnya,” kata Zulfikar Irwan kepada Inspirasi Post, Rabu (7/3/2018).

Lebih lanjut Zulfikar mengatakan, penilaian lomba Kampung kali ini, Kepala Kampung beserta staf dapat memetik hikmahnya untuk intropeksi diri guna meningkatkan pelayanan. Serta dapat menjadi contoh dalam pembangunan Kampung, pada masa mendatang. “Untuk kampung yang menang, akan mewakili Kabupaten Lampung Tengah dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi. Pemenang akan mendapatkan hadiah, berupa uang pembinaan dan sertifikat dalam perlombaan desa tersebut.

Menurutnya, melalui kegiatan penilaian lomba Kampung kali ini, Kepala Kampung beserta staf dapat memetik hikmahnya untuk intropeksi diri guna meningkatkan pelayanan. Serta dapat menjadi contoh dalam pembangunan Kampung pada masa mendatang. Sebab itu Zulfikar menegaskan, perlombaan Kampung ini bukan semata mata untuk merebut juara. Namun dibalik itu, terkandung maksud yang teramat mulia. Di antaranya sebagai upaya untuk mendorong usaha membangun masyarakat atas dasar tekad,” pungkasnya.

Hal senada di katakan Kabid PMK Lamteng, Ir. Irham, M.M.T juga menambahkan, bahwa lomba Kampung Gaya Baru Kecamatan Seputih Surabaya tahun ini diharapkan dapat dijadikan pembelajaran bagi penyelenggaraan serta pelayanan Pemerintahan Kampung dan Kelurahan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Prinsip tata pemerintahan Kampung dan kelurahan bersih harus terus dikedepankan. Lomba Kampung/Kelurahan bisa dijadikan ajang verifikasi, bahwa masyarakat merasakan kehadiran pemerintah,” tutupnya. (A.Wahid)
Editor: Purwadi

BACA JUGA:  DPRD Propinsi Lampung Minta Pihak Kepolisian 'Serius' Tangani Kejahatan Sesksual Pada Anak Dibawah Umur
Abdul Rahman Wahid (Redaktur)