Lampung Timur Sosialisasi Pentingnya ” Membaca Sebagai Pembuka Cakrawala Dunia “

81

 Sukadana – Perpustakaan Nasional RI – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno  bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Timur mengelar Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno bertempat Di Islamic Center pada Jum’at, (03/5/ 2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Timur, Kepala UPT Instansi Lampung Timur, Kepala UPT Perpustakaan RI, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Penara sumber, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan  terdiri dari Kepala sekolah, Dosen, Mahasiswa, Serta Siswa siswi  pewakilan dari sekolah SMA, SMK peserta Sosialisasi dari Metro dan Lampung Timur.

Staf Ahli Bupati, David Ariswandy dalam sambutanya mewakili Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim,mengatakan

bahwa sesuai dengan visi sebuah perpustakaan yaitu sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan yang unggul, berbudaya, dan berdaya saing serta salah satu misinya adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta pelestari budaya bangsa.

“Perpustakaan daerah kabupaten Lampung Timur sebagai salah satu pusat guna mencari informasi serta ilmu pengetahuan yang mampu menjadi salah satu tempat untuk menambah ilmu pengetahuan, juga ikut berpartisipasi guna untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendorong masyarakat agar gemar membaca juga mendayagunakan budaya tulisan dalam segala sektor kehidupan,” Urai nya

Hal tersebut untuk mendidik masyarakat pada umumnya agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna, maka untuk itu perlu adanya kerjasama dengan semua pihak instansi pendidikan guna mensukseskan visi dan misi tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan RI yang diwakili oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar, Dra. Yanti Suksmarini, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai salah satu tempat guna sebagai penyedia informasi berpartisipasi aktif dalam menunjang pembangunan nasional

BACA JUGA:  Ngeri !! Kecelakaan Maut di Bypass Sukarame, Guru SMA Tewas Terlindas Truk

“Selain untuk memupuk minat dan bakat masyarakat, menumbuhkan kemampuan masyarakat guna untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri dengan mengembangkan kemampuan membaca masyarakat serta berpartisipasi aktif dalam menunjang pembangunan nasional dengan menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan dalam pembangunan sesuai kebutuhan seluruh lapisan masyarakt serta tidak kalah penting guna untuk menjaga nilai nilai serta pelestari budaya bangsa dan memumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme setiap warga negara.” ujar nya.

Seperti diketahui dalam Kegiatan tersebut selain sosialisasi Perpustakaan, juga dilakukan penyerahan hadiah serta piagam penghargaan kepada para pemenang peserta lomba perpustakaan terbaik tingkat kabupaten yang masing masing diraih oleh perpustakaan Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung sebagai juara III, Juara II perpustakaan Desa Raman, sedang untuk juara I diraih oleh perpustakaan Desa Tegal Yoso kecamatan Purbolinggo yang nantinya juga akan maju untuk mengikuti lomba ditingkat Provinsi.

Dalam kesempatan ini juga kemudian diadakan saling memberi souvenir masing masing dari UPT Perpustakaan RI ,UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan dari Bupati Lampung Timur. ( Adv / Dha / Kominfo  )