KPK ‘Sambangi’ Bupati Lampung Timur, MATTA Institute Berikan ‘Pujian’ Serta Patut Menjadi Contoh Bagi Kepala Daerah Lain

419

Lampung Timur – Setelah merebak ‘Isu OTT’ Bupati Lampung Timur, akhirnya termentahkan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sosialisasi  supervisi pencegahan tindak pidana korupsi terhadap Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Hal tersebut merupakan apresiasi KPK atas keseriusan Bupati Lampung Timur dalam memerangi ‘Kejahatan Kerah Putih’ yang sedang menjadi trend kala ini.

Acara tersebut berlangsung di aula atas Pemkab, yang dihadiri Bupati dan seluruh kepala OPD, Senin (14/10).

Ketua Divisi Pencegahan KPK RI, Dian Patria mengatakan kedatangannya ke Lampung Timur adalah untuk melakukan supervisi pencegahan korupsi agar tidak ada lagi praktik korupsi dan penyimpangan pada kegiatan atau pelaksanaan kegiatan yang ada. Selain melakukan supervisi pencegahan, juga melihat proges dari supervisi yang pernah dilakukan.

“Sebenarnya kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah tindak lanjut dari yang pernah kita lakukan beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini kita melihat bahwa progresnya sudah berjalan sebesar 52 persen secara keseluruhan.

Meski kita sudah pernah melakukan supervisi pencegahan pada Pemerintah Kabupaten Lamtim, namun kita selalu sampaikan dan menganjurkan agar sistemnya harus dibenahi sehingga tidak ada lagi suap menyuap, penyimpangan dan praktek korupsi di Kabupaten Lampung Timur.

Agus Fatoni , Peneliti MATTA Institute ( Masyarakat Transparansi Institute )

Disisi lain, Agus Fatoni , Penggiat Anti Korupsi dari MATTA Institute saat di mintai pendapatnya mengatakan, Hi.Zaiful Bukhori merupakan salah satu contoh kepala daerah yang komitmen dalam memerangi ‘Kejahatan Luar Biasa’ atau kerap disebut Extraordinary Crime . Bahkan KPK memberikan materi dalam dua kali pertemuan atau kunjungan ke kabupaten tersebut, ini patut didukung dan menjadi contoh bagi kepala daerah lain.

( Red / Dha )

BACA JUGA:  Dirgahayu Indonesia! , MATTA Institute Soroti ' Mahalnya Keterbukaan Informasi Bagi Publik '