Kahono: Kampung Purwodadi Kembangkan BUMK dan Berpotensi Membuka Lapangan Pekerjaan

982
Lahan parkir Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), di samping SMP Negeri 1 Trimurjo yang berpeluang membuka lapangan pekerjaan.

TRIMURJO, Inspirasi Post – Kepala Kampung Purwodadi Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Kahono mengatakan, melalui program Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) berpeluang membuka lapangan pekerjaan. Seperti, sudah terbentuk satu unit kerja yang dikategorikan BUMK yang direalisasikan dalam bentuk lokasi parkir kendaraan bermotor roda dua di samping SMP Negeri 1 Trimurjo.

Menurutnya, lahan parkir tersebut tanah milik kampung, jadi tidak ada kaitanya dengan lahan individu. Panjang lokasi parkir 9,30 m dan lebar 6 m, dan bisa parkir motor sekitar 170 unit motor. Kahono mengaku, masih mempunya rencana pelebaran lokasi dan manfaatnya untuk membuka lapangan kerja serta hasilnya untuk kampung. Tentunya, orang yang kerja bertanggung jawab karena lokasi parkir khusus untuk anak sekolah jadi harus bisa menjamin keamananya,” kata Kahono kepada Inspirasi Post, Rabu (30/05/2018).

Lebih lanjut Kahono mengatakan, untuk membuka lapangan pekerjaan dan rencana membuat bangunan membuka toko dan foto copy milik kampung. Sementara, lokasi toko dan foto copy akan di tempatkan di depan rumahnya untuk menambah income sebagai aset kampung. Selain itu, memiliki rencana membuat pasar kampung, cuma terkendala pemborong/kontraktor dalam pembuatannya. Karena, kata Kahono, sangat pengaruh dana pengembalian dari pengganti pembuatan los pasar.

Dikatakan Kahono, toko los pasar harus bisa menyelesaikan biaya pembuatannya dengan waktu tertentu yang sudah disepakati ke dua belah pihak. Seumpama satu unit los pasar menelan biaya Rp 15.000.000, kita buat 50 unit kios sudah membutuhkan dana berapa, dan sipemakai harus konsekwen tentang pendanaanya. Sementara itu, para kontraktor belum ada yang mau mendanai rencana pembuatan pasar kampung. Menurutnya, soal tanahnya untuk lokasi sudah di siapkan karena tujuanya untuk mensejahterakan masyarakat kampung Purwodadi,” jelasnya.

BACA JUGA:  Asap Karhutla Dipastikan Tak Sebarkan 'Polusi Asap' Ke Negara Tetangga
Pembangunan drainase sepanjang 850 meter di dusun 1 kampung Purwodadi.

Menyinggung tentang Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 lalu, Kahono mengatakan, melalui ADD tahap pertama tahun 2017 lalu berhasil direalisasikan jalan lapen sepanjang 1.383 meter di dusun 4 dan dusun 5. Selain pembangunan jalan lapen, dibangun drainase sepanjang 850 meter dan sumur bor sebanyak 2 unit dan dipusatkan di musala dusun 1 dan gereja di dusun 3. “Alhamdulillah, pada tahap pertama kami telah membangun jalan lapen, sumur bor dan drainase. Kami juga telah  membangun lahan parkir berukuran 8 x 30 meter yang nantinya hasil dari parkir akan dimasukkan ke kas kampung,” tutup Kahono. (Ipung/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)