“Kado Terindah” Akhirnya Predikat WTP dari BPK Perwakilan Lampung di Raih Kabupaten Lampung Timur

125
Chusnunia Chalim , Bupati Lampung Timur saat menerima WTP dari BPK Perwakilan Lampung .

Bandar Lampung-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Lampung, Selasa (28/5).Setelah Melewati Proses panjang dan tahapan yang sangat ” Luar Biasa ” pasalnya setelah definitiv menjadi daerah otonomi baru kueun waktu 20 tahunan baru ini Kabupaten ini mendapat predikat ” Wajar Tanpa Pengecualian “.

Untuk diketahui,Kabupaten Lamtim selama 20 tahun terakhir mengalami permasalahan dalam pengelolaan asset, sehingga opini WTP tidak pernah didapat. Terlebih di tahun 2008 hingga 2011, BPK tidak dapat memberikan opini (disclaimer) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Lamtim

Di eras kepemimpinan Bupati Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Zaiful Bokhori, Kabupaten Lamtim bekerja keras berupaya membenahi laporan keuangan dan aset yang carut marut, dan akhirnya hasil tidak menghianati kerja keras.

Chusnunia Chalim atau akrab disapa mbak nuniek saat di wawancarai oleh awak media mengatakan ,

“Alhamdulillah Setelah 20 tahun akhirnya tercapai WTP. itu berkat kerja keras semua elemen pemda. Sekda, inspektur, seluruh asisten, seluruh staf ahli, seluruh kepala dinas, kabag, kabid kasi, seluruh jajaran yang telah kerja keras, berhari-hari berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan,” jelas Bupati Cantik ini yang tak lama lagi akan menduduki jabatan baru sebagai Wakil Gubernur Lampung.

Ia juga mengatakan, dengan diraihnya WTP ini semoga bermanfaat untuk kabupaten lamtim, serta memotivasi agar pengelolaan keuangan dan aset daerah dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

“WTP ini Tentunya juga support dari Pak Zaiful Bokhori, paling utama adalah semoga bermanfaat untuk Lampung Tmur,”terang Nunik yang akan segera dilantik sebagai Wakil Gubernur Lampung ini.

Disisilain, Wakil Bupati Lampung Timur, Hi. Zaiful Bokhori mengatakan,

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Jangan Bicara Pesimis 2030 Bubar, Pemimpin Harus Berikan Optimisme

pada 2018 yang lalu telah bekerja ekstra untuk mendapatkan predikat WTP dari BPK untuk laporan keuangan tahun 2017. Namun, pada 2018 hanya mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk laporan keuangan tahun 2017.

Pada tahun 2018 kemarin BPK sudah melakukan pra audit kepada keuangan kabupaten Lamtim dan pemda Lamtim sudah memberikan keterangan dan laporan keuangan sejelas-jelasnya dan dirinya telah mengintruksikan kepada seluruh SKPD untuk memberikan keseluruhan keterangan laporan keuangan kepada BPK.

“Akhirnya WTP diraih pada tahun 2019 init.” jelas Bang Ipul sapaan akrab Hi. Zaiful Bokhari.

Sekretaris Kabapeten Lamtim Syahrudin Putra yang turut mendampingi Bupati Lamtim Chusnunia Chalim dalam penyerahan predikat WTP oleh BPK tersebut turut berbahagia,

“Alhamdulillah ini berkat kerja sama dan kebersamaan serta kerja keras segenap jajaran sehingga Lamtim mendapat Predikat WTP untuk pertama kalinya setelah 20 tahun,” kata Syahrudin. ( Adv / Dha / Kominfo )