Kamis, 26 November 2020
Beranda Lampung Bandar Lampung Jurnalis Melawan Korupsi ‘ Rundown ‘ KPK Antisipasi Korupsi di Lampung

Jurnalis Melawan Korupsi ‘ Rundown ‘ KPK Antisipasi Korupsi di Lampung

362

Pelatihan tersebut menghadirkan tiga pembicara. Mereka adalah Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati Iskak, aktivis ICW Siti Juliantari, dan Ketua Divisi Advokasi AJI Indonesia Sasmito.

“KPK siap mendukung kerja-kerja jurnalis di Lampung terkait pencegahan korupsi. Bentuk dukungan itu di antaranya melalui pelatihan ini,” kata Yuyuk melalui siaran pers dari AJI Bandar Lampung.

Dalam materinya, Siti mengatakan, potensi analisis tindakan fraud (penipuan) dalam proyek bisa dilihat dari nilai kontrak. Kemudian, efisiensi atau perbandingan nilai kontrak dan harga perkiraan sendiri (HPS). Selain itu, partisipasi atau jumlah peserta tender dan tingkat persaingan.

“Lalu, jumlah kontrak yang dimenangkan perusahaan penyedia, serta jadwal, waktu penyelesaian proyek,” ujarnya.

Sementara , Sasmito menyampaikan materi seputar reportase investigasi, narasumber off the record, sumber background, dan syarat sumber anonim.

Alinda Bukhori , Jurnalis Inspirasi Post saat memaparkan langsung dari lokasi acara mengatakan, Acara seperti ini harus sering di adakan terlebih materi-materi yang disampaikan, apalagi pembicara dari KPK dan ICW yang tentu mempunyai jam terbang sangat tinggi dan jurnalis daerah pun pasti jarang bisa mewawancarai nya.

” Saya menambah kazanah pengetahuan karena selain jurnalistik saya juga aktiv bersama kawan kawan di MATTA Institute dalam gerakan Anti korupsi dan Transparansi, Dengan adannya acara ini sudah barang tentu makin menambah ilmu dan relasi untuk saya, apalagi kejahatan kerah putih itu termasuk kategori ‘ Extraordinary Crime’.

( Red / Dha / Alinda )

BACA JUGA:  Event 'Pemilihan Duta Anti Hoaxs' Oleh IMO dan HPI , Mendapat 'Apresiasi Positif' Berbagai Kalangan di Propinsi Lampung