Jelang Pilgub Lampung, KPU Waykanan Umumkan DPS

268
Nampak pada foto, tim PPS KPU Waykanan, saat menunjukan beberapa data pemilih sementara, Sabtu (24/3). Foto: Its Dbs.

Waykanan, Inspirasi Post – Mendekati masa Pemilihan Gubernur Lampung (Pilgub) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan telah mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) di seluruh Panita Pemungutan Suara (PPS) secara serentak, Sabtu (24/3/2018).

Komisioner KPU Divisi Program dan Data Refki Dharmawan mengatakan, DPS diumumkan dalam rangka mendapatkan tanggapan dari masyarakat. Dimana masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap data DPS ini, sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 29 April 2018,” jelas Refki Dharmawan kepada Wartawan, Saptu (24/3/2018).

Menurutnya, sebanyak 324.401 pemilih yang terdiri dari pemilih Laki-laki 166.103 dan pemilih perempuan 158.298 diumumkan serentak di 227 PPS pada hari ini. Sementsra itu, dalam DPS tersebut terdapat pemilih yang belum dipastikan memiliki KTP Elektronik.

Data tersebut, saat ini sudah diserahkan kepada Pemerintah melalui Dinas Dukcapil untuk dikordinasikan apakah penduduk tersebut sudah melakukan Perekaman E KTP atau belum, sehingga Pemerintah melalui Dinas Dukcapil dapat menerbitkan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti E KTP saat pemilihan tanggal 27 juni,” ujarnya.

Lebih lanjut Refki Dharmawan mengatakan, hasil koordinasi data pemilih non ktp elektronik masih terdapat data penduduk bermasalah, misalnya kegandaan domisili, maka yang bersangkutan dihimbau untuk segera mengurus Surat Pindah dari daerah asal sehingga bisa masuk dalam DPT.

“Kita mengharapkan masyarakat lebih proaktif untuk melihat datanya di kantor kampung atau langsung datang ke posko-posko pelayanan daftar pemilih di sekretariat PPS. Laporkan jika terdapat kesalahan data atau belum masuk dalam DPS,” ungkapnya. (Ricki/Dbs)
Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)
BACA JUGA:  Progres Pembangunan 37%, Menhub Targetkan LRT Jabodebek Uji Coba Pertengahan 2019