Jelang Deklarasi DPW HPI Lampung ‘Prioritaskan’ UKW dan Bantuan Hukum ‘ Gratis ‘ Untuk Wartawan

99

Lampung- Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) merupakan rumah besar bagi para pewarta di Indonesia yang hingga saat ini telah memiliki Kepengurusan di beberapa Propinsi di Indonesia.

DPW HPI Lampung menjadi salah satu bagian kepengurusan yang tak lama lagi akan ikut mendeklarasikan nya, setelah tahapan ‘Roadshow’ ke beberapa Kepala Daerah, Wakil Rakyat , Tokoh Pers dan Elemen lainya selesai. Poin penting yang akan menjadi prioritas program adalah UKW bagi Pewarta, Koperasi ,  serta bantuan hukum gratis bagi wartawan.

Tino Agata P, Wakil Ketua Bidang OKK,Diklat dan Litbang mewakili Ketua DPW HPI Lampung saat menjelaskan kepada awak media, DPW HPI Lampung telah disahkan oleh DPP melalui SK, maka dalam waktu dekat akan ada deklarasi dan pelantikan guna menjalankan arahan kerja sesuai AD/ART HPI Pusat, setelah Tahapan ‘RoadShow’ yang tak lama lagi selsai.

“Betapa pentingnya peningkatan kompetensi bagi para pewarta demi menjaga marwah dan citra Pers Indonesia khususnya di Provinsi Lampung sesuai arahan Dewan Pers melalui Uji Kompetensi Wartawan.” Tegas nya.

Menambahkan, sesuai arahan dari DPP HPI beberapa poin yang di laksanakan yaitu Uji Kompentensi Wartawan ( UKW ) akan menjadi agenda utama program kerja tahun depan, sebagai perwujudan mematuhi aturan juga membentuk pekerja media yang mempunyai kompeten pada bidangnya.

“Pentingnya peningkatan kompetensi dalam menjawab tantangan global kedepan menjadi konsen dari HPI yang di gawangi oleh empat ketua bidang ; Pewarta TV, Pewarta Radio, Pewarta Cetak dan Pewarta Online. Tidak hanya itu, Himpunan Pewarta Indonesia juga akan memberikan perhatian terhadap para pewarta yang menjadi anggota HPI untuk mendapat perlindungan hukum dalam menjalankan tugas kesehariannya sebagai pewarta.” Tegas pemilik Portal Berita Barometer. id

BACA JUGA:  Hi.Zaiful Bukhori Resmi Mendaftar di PDIP, Elemen Masyarakat Menilai 'Angin Segar' Bagi Lampung Timur
Dewan Pimpinan Pusat HPI & Imo saat kunjungan kerja ke Dewan Pers.

DPW HPI Lampung mengajak insan pers untuk bergabung bersama, baik itu pewarta TV, pewarta Radio, Pewarta Cetak, maupun Pewarta Online untuk bersama menjaga amanah UU Pokok Pers dan menegakkan kembali Insan Pers yang bermartabat.

Dengan meningkatkan profesional kerja melalui pendidikan jurnalistik sebagai standarisasi pekerja pers, mengembalikan fungsi pewarta atau wartawan sebagai kontrol sosial dalam perjalanan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Demi menjaga independensi sehingga mampu meraih kesejahteraan ekonomi dengan mendirikan koperasi pewarta dan program kreatif lainnya tanpa merusak marwah independensi pewarta Indonesia.

“Tak hanya itu HPI juga membuka perlindungan hukum ‘gratis‘ bagi wartawan atau pewarta yang tergabung pada HPI Lampung, yang tak lama lagi akan di deklarasikan.” Menambahkan.

Silahkan bergabung dan berjuang bersama untuk meningkatkan profesionalitas kerja, menjadi wartawan / pewarta yang berkompeten, meraih kesejahteraan serta memiliki perlindungan hukum saat menunaikan tugas selama menjadi insan pers yang merupakan profesi mulia.

Dengan menjadi Anggota DPW HPI di Propinsi Lampung, jika ingin bergabung silahkan hubungi sekretariat DPW HPI Lampung, yang berkantor di Komplek Prasanti Blok C 1 no 09 Kota Metro Lampung, atau melalui telp/WA 081271821996.atau DPC bagi Kabupaten Kota.” Tutupnya.

( Red / Elz )