Jabat Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra Menuai Apresiasi Dari Ketua DPD PJID Babel

90

Inspirasi Post || 10 November 2021

JAKARTA – Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya kini resmi menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) usai dilantik langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu (10/11/2021) siang yang dilaksanakan di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Upacara pelantikan serah terima jabatan dipimpin oleh Kapolri langsung,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (10/11/2021) siang.

Perwira bintang dua ini (Yan Sultra Indrajaya saat jni menjabat Kapolda Kep Babel guna menggantikan posisi Irjen Pol Anang Syarif Hidayat yang kini dipromosi mendapat menjabat sebagai Sahlisosbud Kapolri, hal ini sesuai tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/2278/X/KEP/2021 tertanggal 31 Oktober 2021.

Kehadiran Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya ini pun di Provinsi Kep Babel guna mengemban tugas sebagai Kapolda Kep Babel menuai apresiasi positip dari para pimpinan organisasi Pers di Babel.

Seperti halnya diungkapkan oleh Ryan Augusta Prakasa S.Sos selaku Ketua DPD Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Babel.

Wartawan senior ini pun memberikan apresiasi positip terhadap sosok alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 ini, hal tersebut lantaran dirinya melihat rekam jejak atau latar belakang kedinasan Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya ini selama bertugas.

“Yang pertama saya bersama keluarga besar DPD PJID Babel turut mengucapkan Selamat Atas Pelantikan Bapak Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya sebagai Kapolda Kepulauan Babel. Back ground beliau sangat tepat ditugaskan di Babel ini,” ungkap Ryan, Rabu (10/11/2021) siang.

Selain itu menurut Ryan, jika di Provinsi Babel ini memang sangat dibutuhkan pimpinan aparat penegak hukum (APH) yang tegas dalam penegakan hukum tanpa ‘pandang bulu’ serta bijak dalam setiap menangani suatu permasalahan yang menyangkut hajat hidup masyarakat luas.

Terlebih persoalan aktifitas penambangan ilegal biji timah di Babel khususnya di pulau Bangka yang dinilainya karut marut sehingga tak jarang hampir di setiap daerah di Bangka marak aktifitas tambang berlisensi ‘abu-abu’ alias ilegal. Oleh karenanya ia mengharapkan pimpinan APH di Babel ini termasuk Kapolda Kep Babel yang baru ini dapat mengatasi persoalan karut marut pertambangan di Babel.

“Termasuk bidang pertambangan biji timah di Babel. Nah persoalan ini pun memang menyangkut kepentingan hajat hidup masyarakat. Saya pikir memang perlu kerja keras duduk bersama guna mencari solusinya,” harap Ryan mantan instruktur (tenaga pendidik) materi Intelijen Manajemen Media (IMM) pada Sekolah Polisi Negara (SPN) Lubuk Bunter Polda Kep Babel ini.

Sebab jika tidak ini akan menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi pemerintah daerah termasuk para pimpinan APH di Babel lantaran PR yang tak berkesudahan tanpa ada jalan penyelesaian hingga berujung masyarakat menjadi ‘kambing hitam’.

“Insya Allah saya yakin bapak Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dapat menjalankan tugas dan amanah yang diembannya sesuai harapan.masyarakat Babel dan mari kita dukung beliau bersama dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di daerah kita ini,” harapnya lagi.

Sekedar diketahui sebelum menjabat sebagai Kapolda Kep Babel sederet jabatan yang pernah diemban oleh Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya selama bertugas : (Tim)

1.Kapolres Bombana Polda Sultra (2008)

2.Dirresnarkoba Polda Sultra (2011)

3.Dirreskrimsus Polda Sultra (2012)

3.Dosen Akpol Lemdikpol (2013)

4.Dirreskrimsus Polda Sulteng (2015)

5.Wadirtipidkor Bareskrim Polri (2019)

6.Wakapolda Sulawesi Tenggara (2019)

7.Kapolda Sulawesi Tenggara (2020)

(Info dari berbagai sumber)

BACA JUGA:  Perpres Hak Anak Saksi dan Korban Terbit, LPSK Siap Jalankan Mandat