Inspirasi Post , Mengedepankan Kualitas Jurnalistik dan Profesionalisme Kerja Dalam Menghadapi Era Milenia

686
Jajaran redaksional Media " Inspirasi Post " di sela sela acara internal , Sabtu,10/03/2018

METRO, Inspirasi Post –

Dalam Menghadapi perkembangan teknologi dan  jaman yang dasawarsa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di semua lini , menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi peradaban manusia di era milenia atau kerap di sebut ” Jaman Now”. Media pun mengalami beberapa tahapan fase kemajuan yang sangat pesat, hal tersebut tentunya harus di imbangi oleh Sumber Daya Manusia yang Profesional, Intelektual, Komunikatif mampu mengedepankan aspirativ dari Masyarakat, sebagai dasar pedoman kerja jurnalis untuk menghasilkan sebuah karya jurnalistik yang Aktual,Terpercaya dan Mengedepankan Etika dan Kaidah Jurnalistik. Berdasarkan hal hal tersebut maka ” Inspirasi Post ” yang telah ikut dalam kancah dunia usaha informasi atau pemberitaan, tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya baik dari lini kinerja jurnalis, perusahaan,maupun karya jurnalistik yang akan menjadi konsumsi publik dengan kemasan yang berbeda mengikuti perkembangan dalam semua lini, dengan tetap mengedepankan etika jurnalistik serta profesionalisme jurnalis dalam melakukan kerja jurnalistik.

Yudha Saputra,( 36 ), Mewakili Jajaran Direktur dan Komisaris selaku Owner media ” Inspirasi Post ” , Mengatakan ,

” Saya mewakili jajaran Pimpinan yang ada di Bandar Lampung, mengucapkan banyak terima kasih serta Memberikan Apresiasi setinggi – tinggi nya kepada sebagian rekan kerja yang hadir maupun tidak hadir, karena acara sederhana ini walaupun dengan situasi dan kondisi yang memang direncanakan secara sederhana juga, sebenernya selain sebagai sarana silahturahmi anatar kita yang mempunyai jam terbang tinggi sudah pasti intensitas untuk bertemu itu sangat kecil”.

” Rangkaiaan diskusi ini salah satu rangkaian merumuskan,mendesain dan menetapkan program dan arah kerja serta kualitas karya jurnalistik yang akan menjadi dasar pedoman bagi pryeksi kerja dan penyusunan materi Berita sesuai dengan desk dan News Market yang telah maupun sedang dalam target Inspirasi Post Kedepan, serta memantapkan persiapan mengikuti verifikasi dan administrasi ke Dewan Pers, sebagai bukti eksitensi kesiapan Inspirasi Post untuk ikut dalam kostelasi persaingan usaha media di tingkat Nasional maupun Internasional , sesuai tahapan dan kesiapan semua lini ” Urai Yudha di saat memberikan kata sambutan.

” Strategi dan Prokja Inspirasi Post di Era Milenia,Menjunjung Profesionalitas Kerja dan Sebuah Karya Jurnalistik Berpegang Pada Kaidah dan Etika ” ini merupakan materi atau tema diskusi internal Ini ” Ujar Yudha.

Maka sudah suatu keharusan,

” Menjadi seorang wartawan, Reporter, ataupun Jurnalis tetap sama  dalam setiap menjalankan tugas maupun mengumpulkan bahan,keterangan dan data maupun wawancara untuk melengkapi sebuah karya jurnalistik yang akan di sajikan kepada masyarakat, harus tetap menjunjung tinggi dan patuh terhadap Undang-undang pokok pers No.40 Tahun 1999, serta mentaati kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugasnya.” urai jurnalis muda yang ternyata telah belasan tahun menjadi wartawan.

Seperti diketahui, ketika sebuah arus modernisasi mulai merambah ke berbagai sektor kehidupan sosial kemasyarakatan tentunya akan berdampak postiv dan negativ, sehingga melihat tingginya peran sebiuah karya jurnalistik sebagai garda terdepan dunia informasi , Inspirasi Post bertekad untuk menjadi salah satu media yang memberikan ” Informasi Aktual & Terpercaya ” sebagai motto media Inspirasi Post dalam penyajian karya jurnalistik yang akan di berikan kepada ” News market ” , yang telah di bagi atau melalui proses pemetaan dan pembagian berdasarkan riset ilmiah Inspirasi Post dengan beberapa peneliti muda jaringan kerja dan patnership.

BACA JUGA:  40 Tahun Lalu Andre Diadopsi Keluarga Belanda, Akhirnya Bertemu Ibu Kandungnya

Hasil Riset sederhana antara Inspirasi Post dan beberapa peneliti muda sistem bisnis media dan jejaring, di berbagai daerah melalui Riset sederhana yang tersusun,sistematis dan masiv , dengan random sampling dari beberapa media jejaring baik social maupun berbayar. Hasil Mengejutkan pun didapat ketika melihat angka baru dari News Market, pada angka usia dan trendsetternews yang mengalami peningkatan atau lonjakan yang sangat luar biasa sebagai penentu arah isu informasi massa.

Atas dasar itulah Inspirasi Post menginisiasi terbentuknya ” Bring Back News”  , ” Jaringan tim kerja jurnalistik dan komunikasi massa berbasis kreativ,Inovativ dab trendsetter news yang merupakan Transformasi Pekerja Jurnalistik Jaman No.

 Diharapkan mampu menjadi sebuah formulasi  untuk menjaring pembaca di era milenia yang mempunyai angka usher yang sangat fantastis di jearing media social dan berbayar,Dengan Tetap Berpedoman pada Etika,Kaidah dan UU Pokok Pers serta menjaga nama baik profesi Pers sebagai garda terdepan kontrol social penyelenggara Negara.

Pimpinan Umum Inspirasi Post, Yudha Saputra menyerahkan seragam secara simbolis serta memberikan materi tygas pokok dan fungsi wartawan serta UU Pokok PERS sebagai pedoman dan perlindungan Hukum Bagi Pekerja Pers,serta menjaga amanah dan nama baik Inspirasi Post di Semua Kalangan. ( Sabtu (10/3/2018).

Yudha Saputra memberikan pesan penutup kepada seluruh jajaran redaksional & perusahaan , agar menjadi sebuah pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai pekerja jurnalistik ,

” Bersama Menjunjung tinggi nama baik PERS Indonesia, bekerja secara profesional dan berkarya sesuai pedoman 5 W 1 H , Bersikap Humanis,Kritis,Komunikativ pada semua elemen bangsa tanpa tebang pilih serta menjaga independensi dan keseimbangan idealisme untuk menghasilkan Karya serta pekerja Jurnalistik yang Profesional serta menjunjung Tinggi Pers Indonesia “, Serta ” Bersikap bijak dalam menghadapi dan menggunakan fasilitas social media pada semua jejaring untuk bersama memerangi para pelaku penyebar berita Hoax yang sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa, dan kita tetap selalu semangat dan optimis menjaga dan mebesarkan media Inspirasi Post untuk terus maju dan menjadi media yang mendapat kepercayaan masyarakat Indonesia ” dikatakan Yudha Saputra  saat menutup materi diskusi internal Inspiasi Post “

Menjalin Rangkaian silahturahmi dan komunikasi dengan berbagai kalangan , salah satu nya dari kalangan aktivis dakwah ( Kunjungan Aktivis Dakwah Islam dari Jakarta dan Kota Metro di Kantor Redaksi Inspirasi Post )

Dikesempatan yang sama, Pimpinan Redaksi Inspirasi Post, Purwadi Ardi meminta agar selalu aktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai jurnalis, yaitu mencari berita-berita terhangat secara berimbang dan berita yang disajikan layak dibaca oleh masyarakat.

BACA JUGA:  Pasukan Khusus Gabungan Dibentuk, Jika Situasi di Luar Kapasitas Polri
Tim Kerja ” Bring Back News ” , sebagai garda terdepan informasi  Inspirasi post berkomitmen menjaga profesionalitas,dan mematuhi aturan aturan hukum yang berlaku sesuai kaidah atau etika jurnalistik.

Diharapkan, kepada seluruh kru Inspirasi Post, agar selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat lembaga.

“Jangan sampai, kita dicap oleh masyarakat sebagai wartawan abal-abal. “Oleh karena itu, kita harus menjadi wartawan yang prefesional dalam mengemban tugas sebagai jurnalis,” ujarnya.

Purwadi juga mengajak seluruh wartawan, agar tetap loyal terhadap lembaga yang telah membesarkan wartawan Inspirasi Post.”Kita harus loyal terhadap lembaga tempat kita bernaung,”pungkasnya. (Yoki)
Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)