INDONESIA MENDAPATKAN BANTUAN UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI SINGAPURA

93

Inspirasi Post || Jum’at 9 Juli 2021

Jakarta – Setahun lebih wabah COVID-19 menjadi sebuah krisis global dan menciptakan berbagai macam tantangan, baik nasional maupun internasional namun tidak melemahkan semangat upaya diplomasi untuk tetap menjaga dan mempererat hubungan kedua negara dalam penanggulangan wabah ini. Kerja sama inilah yang ditunjukkan antara Indonesia – Singapura dalam menangani pandemi ini dengan menyalurkan bantuan peralatan kesehatan dalam percepatan penanggulangan pandemik di tanah air.

Pada Hari ini Pemerintah Singapura memberikan bantuan untuk penanganan Covid 19 di Indonesia kepada Kemenkes RI, Kemenhan RI dan Mabes TNI. Bantuan tersebut berupa 200 ventilator, 756 tabung oksigen cylinder, dan 600 oksigen concentrator, serta beragam kebutuhan APD.

Adapun Serah terima bantuan dilakukan secara langsung di Paya Lebar Air Base Singapura yang dihadiri oleh Duta Besar RI Untuk Singapura H.E. Suryopratomo, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, Atase Pertahanan RI untuk Singapura Kol Pnb Benny Arfan, Perwakilan dari MINDEF dan SAF serta KBRI Singapura. Bantuan ini dikirim dengan menggunakan 2 pesawat C-130 milik RSAF pada tanggal 9 Juli 2021 dengan tujuan Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta dan Kapal Angkatan Laut Singapura (RSN) pada tanggal 11 Juli 2021 dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Pada sambutannya, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyampaikan bahwa Singapura sebagai negara tetangga terdekat akan terus mendukung dan membantu Indonesia yang telah lama terjalin hubungan yang sangat dekat dan erat. Menlu Vivian juga mengapresiasi Indonesia di awal pandemic ketika Singapura mendapatkan bantuan berupa perlengkapan untuk membangun tempat isolasi pasien Covid19. Dalam kesempatan yang sama, Dubes RI untuk Singapura menyampaikan apresiasi kepada pihak Pemerintah Singapura yang telah beberapa kali mengirimkan bantuan peralatan medis ke Indonesia. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Mindef dan SAF atas dukungan transportasi yang diberikan dalam penyaluran bantuan ke Indonesia. H.E. Suryo Pratomo menjelaskan bahwa semangat persahabatan diharapkan bantuan ini akan memperkuat Indonesia dalam upaya penanggulangan pandemi di dalam negeri. (Ril/Red-rik)

BACA JUGA:  Perairan Air Kantung Sungailiat Dihajar Puluhan Penambang Ilegal Dengan Memodifikasi Kapal Nelayan