HMI Menilai Pemerintah Kota Metro Hilangkan ‘Ruang Dialog’ Pada Pembangunan Pusat Perdagangan

174
Kota Metro-HMI ( Himpunan Mahasiswa Islam ) Cabang Kota Metro menilai ada yang ‘ salah ‘ atas kebijakan pemerintah kota metro, Terlihat dari surat edaran yang mengintruksikan para pedagang pindah tanpa ada dialog ataupun diskusi bersama.
HMI menilai Pemerintah kota Metro terlalu memaksakan kehendak dan terkesan mengkianati visi misi kota metro ‘Kota Pendidikan dan Pariwisata Berbasis Aspirasi Rakyat’.
Aldian Novantori selaku Kabid PPD HMI Cabang Metro saat diwawancarai Oleh Inspirasi Post Mengatakan,
Itu terlihat pemerintah memaksakan kehendak dan menghilangkan ‘Ruang Diskusi’ terkait pasar shopping kota Metro yang merupakan pusat  ekonomi yang ada di kota metro.”
Kajian dan analisis terhadap pembangunan ulang ini tentunya harus dilakukan secara komprehensif. Dan selayaknya melibatkan stakeholder yang terlibat dalam kegiatan pasar itu sehari harinya. Dampak relokasi pedagang seharusnya dilakukan kajian terlebih dahulu, contohnya tempat relokasi yang disediakan harusnya sesuai dan menguntungkan bagi stakeholder yang terlibat dan tidak merugikan bagi masyarakat sekitar ditempat itu. Jangan sampai tempat relokasi sementara itu menimbulkan masalah baru bagi stakeholder terkait dan dampak lingkungan bagi masyarakat sekitar akibat tidak efektifnya tempat relokasi yang telah disediakan.
“Apa lagi proses peremajaan pasar shopping kota Metro pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena minimal pemerintah harus membuat dan menyediakan 200 toko dan kios lebih dari pedagang yang ada, sarana dan prasana yang memadai, tata kelola parkir, dan sistem pembuangan sampah serta dampak lingkungan terhadap masyarakat sekitar yang berada disekitar pasar. Apa bila pembangunan ulang pasar tidak dilakukan secara tepat dan baik serta komprehensif. ” urai mahasiswa yang dikenal pro rakyat ini.
Sudah pasti nantinya akan banyak sekali polemik yang timbul mulai dari pemetaan kios, parkir, tata kelola pasar dan sampah serta dampak lingkungan yang terjadi. Jangan sampai pembangunan pasar shopping Metro malah membuat pasar shopping Metro menjadi banyak masalah yang timbul dan berkepanjangan terlebih lagi jika pembangunan itu gagal maka akan sangat berdampak pada perekonomian dan pendapatan asli daerah kota metro itu sendiri.
” justru malah hanya membuang anggaran yang ada.” Ujar Aktivis Muda yang dikenal kritis ini.
  HMI akan  mengadvokasi pedagang shopping kota Metro agar masalah ini cepat terselesaikan.
“Apabila masalah ini tak kunjung diselesaikan secara baik dan tidak dilakukan kajian komprehensif oleh pemerintah kota, HMI akan menuntut pemerintah kota Metro dan siap melakukan aksi atas tindakan pemerintah yang semena-mena terhadap pedagang shopping kota Metro.” Tegas Aldian.
( Red / Judha )
BACA JUGA:  Ketua DPRD Minta Lelang Jabatan di Kota Metro Harus Transparan