Hi.Zaiful Bukhori Ajak Masyarakat Jaga Persatuan ‘ Festival Kebangsaan ‘

215

Lampung Timur – Sebagai bentuk kemajemukan yang menandakan Bhinneka Tunggal Ika artinya kita hidup rukun dalam bingkai persatuan dan kesatuan di Bumi Tuwah Bepadan yang kita cintai,” Ungkap Zaiful.

Demikian ungkapan Bupati Lamtim saat membuka gelaran Festival Kebangsaan Bumi Tuwah Bepadan yang dipusatkan di Lapangan Unyi Kecamatan Sukadana, minggu (25/8/2019).

 

Dihadiri Oleh Perwakilan 9 Etnis Dan Kepala OPD di Lamtim, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan sebagai warga masyarakat Lampung Timur tentunya kita harus bangga karena daerah kita terdiri dari berbagai macam suku budaya dan etnis.

 

Zaiful menambahkan sebagai Bupati dirinya harus berdiri tegak di atas semua semua golongan dan semua ras, suku serta agama yang ada di Lampung Timur.

 

“Kita hidup di Lampung timur oleh karena kita semua bersaudara, saya juga berharap kepada semua etnis untuk menjaga adat budaya sebagai peninggalan nenek moyang kita agar tetap lestari,” tambahnya.

Kepala Badan Kesbangpol Lampung Timur Syahrul Syah mengatakan kegiatan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada komponen masyarakat bahwa kita di Lampung Timur ini terdiri dari berbagai macam etnis dan penting mempererat tali silaturahmi antar sesama kita demi terciptanya Lampung Timur yang aman dan damai sesuai yang kita inginkan.

 

Sementara itu perwakilan Etnis Bali l Wayan Sutarja mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan ini baru pertama kali dilakukan dikabupaten Lampung Timur.

 

Dalam kegiatan tersebut juga berlangsung deklarasi damai sembilan etnis yang ada dikabupaten Lampung Timur diantaranya, Lampung, Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Palembang, Bugis dan Banten serta dihadiri kurang lebih seribu tamu undangan.

Berbagai Tarian di persembahkan oleh 9 etnis dalam festival Budaya tersebut. Diantaranya Tari Gurau Kembang Teloe dari Etnis Lampung, tari Piring dari etnis Minang, tari Cendrawasih dari etnis Bali, Tari Totor dari etnis Batak, tari Sriwijaya dari etnis Sumatera Selatan, Tari Jaipong dari etnis Sunda, tari Bandrong dri etnis Banten, tari Pakarena dari etnis Bugis dan Reog Ponorogo dari etnis jawa.

BACA JUGA:  2 KIP Timah Tangkapan Bakamla RI Diserahkan Ke KSOP Pangkal Balam