Herjuno Bantah BKD tak masuk dalam struktural, perekrutan Calon Pol PP, Itu Hak SatPol PP

1929
Yudha Saputra , Direktur Matta Institute dan Kepala BKD SDM , ABP, Herjuno. saat menerima informasi dan data aturan hukum, dasar  Recrutmen Satpol PP Kota Metro 2017

Kota Metro, Inspirasi Post –

Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) akan mengadakan perekrutan calon pol pp pada november mendatang, untuk melengkapi formasi yang saat ini dinilai jauh dari kata proporsional, Dalam Proses tersebut Satpol PP membuka kesempatan kepada pemuda – pemudi kota metro untuk berkarier sebagai abdi bangsa penegak peraturan daerah. Dari Pengajuan 60 an orang  yang di ajukan kepada sekretariat daerah ,ternyata hanya 31 yang di acc. Ada Yang menarik dalam proses perkrutan tersebut , Yaitu pernyataan yang dilontarkan oleh Kasat Pol PP dengan Jawaban dari  Kepala BKD, Herjuno. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah tanda tanya besar.

Herjuno, Kepala BKD SDM saat di konfrontir oleh Reporter InspirasiPost.com, mengenai keterlibatan BKD dalam proses perekrutan di sisi administrasi dan tes ,ternyata ,

” Kami BKD tidak ikut campur dalam perekrutan tersebut ,itu hak mutlak dari Satker terkait dan menjadi tanggung jawab nya secara total dari segala sisi, sesuai dengan perwali yang menjadi aturan dalam perekrutan tenaga honorer di setiap satker, jadi jika Kasat Pol PP , berani bicara BKD sebagai panitia pada bidang itu secara mutlak itu ” BOHONG “, Yang benar adalah apabila kami diminta menjadi bagian dalam tim saja dan tidak mempunyai keputusan apapun , karena Tim itu kan berasal dari beberapa unsur sesuai dengan arahan pimpinan dan di atur dalam Perwali ” ujar pejabat senior kota metro yang tak lama lagi akan memasuki masa pensiun.

Sebelumnya Pihak Satuan Pol PP saat di mintai keterangan dalam progres perencaanaan dan pengajuan keterbutuhan formasi bagi honorer Sat Pol PP 2017, Imron, SP mengatakan,

 “Sebenarnya, jika dilihat dari keterbutuhan dengan kondisi pol pp yang ada saat ini sekitar 96 personil baru bisa seimbang , tetapj sejauh ini yang akan di acc baru 31 personil.”

BACA JUGA:  Sembilan Perwira Menengah Polda Lampung Diganti

Seperti diketahui, saat ini satuan polisi pamong praja baru memiliki 196 personil  , idealnya untuk formasi yang seimbang adalah 294 personil maka kekurangannya adalah 96 personil baru memenuhi unsur satuan organik hingga kantor.dalam perekrutan itu nantinya proses administrasi dan Tes melalui Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ), dan selanjutnya untuk seleksi fisik Pihak Satpol PP akan memberikan sepenuhnya kepada  Kodim 0411 / Lamteng.

” Jadi Kami Pihak Satuan Polisi Pamong Praja hanya akan merencanakan dan mengajukan dari formasi maupun anggaran dana yang di butuhkan kepada pemerintah kota metro ” Kelitnya.

Disisi Lain , YUdha Saputra , Direktur MATTA Institute  saat dimintai keterangan di sela sela pengajuan permintaan data tentang aturan hukum dan aspek lain dalam  perekrutan satpol PP, di ruang kerja Kepala BKD SDM merincikan ,

” Ada yang menarik dari dua jawaban yang berbeda ini, dan kami akan terus memonitring serta melakukan pengawalan dan membuka posko pengaduan, sebagai sebuah kontrol sosial dalam memberikan kritisi dan input positiv ke pada stake holder terkait, jadi jangan main main , jika terjadi kecurangan maka tidak segan kami melaporkan nya kepada pihak berwajib apabila di ketemukan praktek praktek kotor. ( Rian j / jEFF )