Hayoo !?!, Diam – Diam Penataan Pasar Chendrawasih di Teruskan, Meski Pedagang Demo

483
Ilustrasi demo

 

demo penolakan penataan dan relokasi Pasar Chendrawasih beberapa waktu lalu oleh pedagang dan elemen organisasi masyarakat

Kota Metro, Inspirasi Post- Pasar Chendrawasih merupakan salah satu jantung perekonomian di sentra perdagangan yang ada di Kota Metro , banyak masyarakat yang bergantung nasib pada pasar ini, beberapa kali para pedagang melakukan demo kepada pemerintah untuk tidak terlalu dini melakukan penataan pasar tanpa relokasi yang tepat. Ada fakta menarik ternyata diam diam Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pasar dan Perdagangan telah menenderkan Jasa Belanja Konsultan Perencanaan Pasar Cendrawasih melalui LPSE Kota Metro dengan pagu anggaran Rp.100 juta , artinya secara tersembunyi ataupun terang – terangan meskipun mendapat penolakan keras dari Pedagang maupun Elemen Organisasi Kemasyarakatan yang di Kota Metro , ” Tetap di lalukan Penataan ” pada Pasar Chendrawasih.

Sekedar diketahui, Sebenarnya Pasar Cendrawasih berada di atas tanah seluas 9373 m2. Struktur gedung Pasar Cendrawasih merupakan struktur beton bertulang bertingkat 2, dengan jumlah lantai 2.  Lantai I dengan luas 2524 m2 ditempati pedagang tetap terdiri dari 198 kios berukuran 4×4 dan 3×4 meter, Lantai 2 ditempati pedagang tidak tetap atau merupakan penampungan pedagang sementara.,Lapangan parkir digunakan sebagai penampungan yang ditempati pedagang kaki lima.

Jika dihitung dari masa penyerahan kepada pihak ke tiga terhadap masa pengambilalihan kembali Pasar Cendrawasih, maka umur struktur Pasar Cendrawasih lebih kurang 20 tahun, Namun para pedagang di Pasar Cendrawasih berharap masih dapat memperpanjang penempatan pasar tersebut, Secara kasat mata, gedung Pasar Cendrawasih masih terlihat kokoh walaupun terdapat beberapa kerusakan seperti kerusakan pada lantai, atap, dan plafon. Kelayakan struktur harus dipertimbangkan apabila Pasar Cendrawasih masih ingin digunakan oleh pedagang sehingga perlu terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan terhadap bangunan Pasar Cendrawasih.

Penurunan kinerja struktur pada bangunan Pasar Cendrawasih Kota Metro dapat diakibatkan oleh adanya pelapukan material pada struktur karena usianya yang sudah tua. Uji kelayakan yang dilakukan untuk menentukan kapasitas bangunan terutama struktur kolom dan balok dalam memikul beban yang bekerja pada bangunan serta rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan terhadap  bangunan tersebut.

Disisi lain,Asisten II, Prayetno mengatakan

BACA JUGA:  Sarlin Jones 'Menembus' Ajang Bergengsi Miss Grand International, Berdampak Bagus Ke Propinsi NTT

 “Kita disini bukan untuk memberikan keputusan mengenai perpanjangan, tapi memberikan masukan buat pengambilan keputusan dan mengenai sesuatu yang mendasar mengenai kedepannya,” ujar Prayetno. Dari BPN juga menjelaskan isi aturan pada PP No. 40 tahun1996, yang mana seharusnya yang mengajukan pengembangan itu adalah PT. Satria Sukarso Wawai, bukan bersifat perorangan” Beberapa waktu silam saat dimintai keterangan mengenai tanggapan pemerintah atas perpanjangan izin oleh pedagang oleh Inspirasi Post.

Maka pupus sudah harapan para pedagang jika ingin memaksa untuk tetap meminta perpanjangan izin ataupun menolak untuk di relokasi dikarenakan,  terbentur oleh peraturan per undang – undangan serta skala prioritas pembangunan daerah yang telah di tetapkan dalan musrenbang maupun kajian analisis tentang penataan kota dan sektor perdagangan, untuk mewujudkan visi misi ” Kota Pendidikan dan Parwisata yang berbasis Partisipatif Masyarakat “. ( Yudha Saputra / Dbs / Red )