Hadiri HUT Ke-4 IMO-Indonesia, Kadin Indonesia Berikan Apresiasi

74

Inspirasi Post || 28 Oktober 2021

JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonsia, Eddy Ganefo menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia) di Hotel Ibis, Jakarta, Rabu (27/10).

Dalam sambutannya, Eddy mengaku sangat mengapresiasi kehadiran IMO-Indonesia dalam memberikan warna pemberitaan nasional. Dia menyebut, meski baru empat tahun berdiri, telah banyak kontribusi yang disumbangkan IMO-Indonesia.

“Hari ini kita memperingati empat tahun berdirinya IMO-Indonesia. Walaupun empat tahun, karena ini media online, di tengah tekhnologi informasi, satu tahun itu kalau media konvensional terasa empat tahun. Jadi kalau empat tahun, kira-kira, kalau sekarang sudah enam belas tahun,” ujar Eddy.

Dia berharap IMO mampu menjadi pemberi berita terdepan yang akurat, aktual, terkini, dan terpercaya. Juga lanjut dia, IMO diharapkan menjadi harapan masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Ini karena IMO mampu hadir sebagai referensi informasi bagi masyarakat, yang menghidupkan rasa optimisme di diri masyarakat terhadap berita-berita yang disampaikan dengan prinsip benar dan aktual,” tandasnya.

Di samping itu, dirinya menambahkan, karena di zaman revolusi industri 4.0 ini, banyak sekali hoax terutama di media-media sosial. Untuk itu, IMO harus menjadi salah satu yang terdepan sebagai penangkal hoax itu.

“Harapan kami juga jangan pilih kasih dalam mengambil dan memberitakan berita-berita yang benar. Saya tau di luar sana, media-media online dan media konvensional, ataupun media lainnya, yang masih pilih kasih. Kita harus netral, kita harus independen, kita harus mandiri sehingga kita menjadi terpercaya,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Bachtiar mengatakan, dengan independensi IMO diharapkan mampu memberikan warna dalam pemberitaan nasional.

“IMO harus mampu menggali, mencari dan menyampaikan apa yang menjadi fakta di lapangan tanpa harus takut diintervensi dan sebagainya,” ucapnya.

Pihaknya menyebut kehadiran IMO telah banyak memberikan sumbangsih dalam memberitakan ragam peristiwa yang selama ini nyaris tidak pernah terekspos oleh media manapun di tanah air. Ini yang kata dia harus jadi kebanggaan IMO.

“Harapannya, IMO senantiasa menyuarakan kebenaran yang selama ini luput dari pemberitaan media (mainstream). IMO harus menjadi bagian dari realitas yang tidak pernah terekspos. Sehingga kehadirannya benar-benar membawa dampak bagi masyarakat kecil,” tuntas dia.

Terakhir, Ketua Umum IMO-Indonesia, Yakub F. Ismail mengucapkan terima kasih kepada Kadin Indonesia di bawah kepemimpinan Eddy Ganefo yang telah banyak memberikan dukungan kepada IMO-Indonesia.

“Kehadiran IMO-Indonesia bersama seluruh jaringan yang ada saat ini tentu menjadi bagian dari lompatan besar memajukan pers di tanah air,” ujar Yakub.

“Harapan besar tentu saja, IMO-Indonesia dapat menjadi bagian dari lokomotor perubahan dalam menderek kereta pembangunan bangsa demi memberi dampak kesejahteraan bagi segenap warga Indonesia,” tambahnya.

Dirinya mengatakan, di momen bersamaan dengan HUT IMO-Indonesia yang ke-4 ini, pihaknya akan terus mendorong beragam inovasi dalam dunia pers terutama untuk anggota media yang tergabung dalam IMO-Indonesia.

“Kami dari pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) me-launching E-Sertifikat yang akan diterbitkan oleh IMO-Indonesia yang terintegrasi dengan Kadin Indonesia. Selain itu, akan juga diberikan 1.000 E-Sertifikat pertama kepada anggota IMO seluruh Indonesia,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Heru BosBro Personil Bos&Bro Jadi Host Acara SHOW ONE Di IMTV