Hi. Suparni: Jalani Jabatan dan Pekerjaan Sebagai Amanah

644
Kepala SMA Negeri 5 Metro, Hi. Suparni Hadi, SPd. MPd foto bersama dewan guru yang selama ini bekerja di bidang pendidikan dengan iklhas dan amanah.
Editor: Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)

Inspirasi Post, Metro – Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Metro, Hi. Suparni Hadi, SPd. MPd mengungkapkan, bekerja di bidang pendidikan dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra, mengingat yang dihadapi adalah anak-anak. Jalani pekerjaan dilakukan dengan ikhlas, karena pekerjaan mulia sebagai pendidik.

Menurutnya, dalam pribadi saya, jabatan sebagai kepala sekolah ini sebagai amanah berat yang telah Allah berikan pada saya, dan saya harus bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Karena itu, dirinya juga selalu menempatkan jabatan yang diberikan kepadanya sebagai suatu amanah dari Allah SWT. Kemudian, pekerjaan di sekolah di masyarakat adalah sebagai pelayan dan kita harus memberi kemaslahatan kehidupan bersama yang lebih baik,” kata Suparni Hadi kepada Inspirasi Post, Senin (19/2/2018) di selah kegiatannya.

Lanjut Suparni menuturkan, jika jabatan digunakan dengan baik dan amanah maka akan menghasilkan kebaikan, baik di dunia maupun akhirat. Tetapi kalau jabatan menjauhkan diri dari ketaatan kepada Allah bahkan menghalang-halangi orang untuk beribadah kepada Allah, maka hati-hati jabatan itu akan mendatangkan laknat. Selain itu, Allah memberikan kerajaan / kemuliaan kepada yang di kehendaki dan akan mencabut kerajaan dari orang yang di kehendaki,” ujar Suparni di setatusnya.

Kepala SMA Negeri 5 Metro, Hi. Suparni Hadi, SPd. MPd

Masih di katakan Suparni, dalam pembelajaran saya berperan sebagai edukator atau pembelajar, karena Kepala Sekolah meskipun mengelola pendidikan juga melaksanakan tugas pembelajaran. “Guru yang ada di SMA Negeri 5 Metro harus terus belajar, tidak hanya memberikan pelajaran pada anak didik. Belajar itu bisa dari berbagai media. Selain itu, guru juga harus rajin membaca buku untuk meningkatkan profesionalismenya.

Selain memberi motivasi kepada para guru, pihaknya juga selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pengurus komite sekolah. Karena baginya, untuk menjadikan sekolah sukses butuh dukungan dari seluruh pihak, termasuk dari komite sekolah yang merupakan perwakilan dari orangtua murid. “Komite sekolah sangat berhubungan erat dengan suksesnya program-program sekolah yang saya canangkan. Menjaga hubungan erat dengan komite adalah keharusan, agar mereka juga turut menyukseskan program sekolah,” tutupnya.

BACA JUGA:  SPRI : Rebut Hak Sejahtera, Bangun Kekuatan Alternatif Dari Bawah !

(Purwadi / Red)