Hadapi Gugatan ‘Pengaduan’ PT.BML di Dewan Pers, Inspirasi Post ‘Dibela’ Masykur Husein,S.H Sebagai Kuasa Hukum

299
Hasil Wawancara Tim Redaksi Inspirasi Post yang tergabung dalam IMO Indonesia saat melakukan wawancara via Jejaring Whats App.

Jakarta – Ketua Umum DPP Himpunan Pewarta Indonesia ( HPI ), Masykur Husein,S.H ‘Komitmen’ dalam menjalankan program perlindungan hukum bagi wartawan, apabila terjadi masalah hukum atau hal lain dalam profesionalitas menjalankan tugasnya.

Masykur Husein,S.H Ketua Umum  DPP Himpunan Pewarta Indonesia ( HPI )

Masykur Husein,S.H secara resmi menjadi kuasa hukum Media Siber / Portal Berita Inspirasipost.com dalam melayani gugatan atau pengaduan PT.Bina Mulya Lampung ke Dewan Pers di Jakarta.

Pihak Media siber / Portal Berita Inspirasipost.com melayangkan surat tanggapan atas sanggahan dalam pengaduan pihak PT.BML di Dewan Pers, melalui Masykur Husein,S.H dan rekan di Jakarta.

Hal ini merupakan profesionalitas serta mentaati aturan hukum maupun kode etik jurnalistik yang ada di Indonesia.

 

Dalam surat tanggapan atas sanggahan hadapi pengaduan tersebut pihak Inspirasi Post menilai hal yang dituduhkan oleh pihak PT.BML melalui Kuasa Hukumnya jelas tidak mendasar dan terkesan kabur atau ‘Absurd’.

Pasalnya apa yang dituduhkan dalam pengaduan atas berita berjudul ‘Proyek Miliaran Rupiah ‘Molor’, Kontraktor Terancam ‘Blacklist’ yang diunggah pada tanggal 07-11-2019 telah melewati tahapan redaksional dengan baik dan berpegang pada azas praduga tak bersalah dalam setiap menyajikan informasi/ berita sebagai produk jurnalistiknya.

Maka atas hal itu pihak Media siber / Portal Berita Inspirasipost.com menilai hal yang dituduhkan oleh PT.BML sebagai pengadu tidak sesuai pada fakta yang ada dan tanpa dasar.

Yudha Saputra , Pimpinan Umum , Redaksi dan Penanggung Jawab Inspirasi Post Grup.

Yudha Saputra, Pimpinan Redaksi dan penanggung jawab media siber Inspirasi Post.com mengatakan, Dalam setiap berita jelas tertulis siapa penulis serta editor maupun proses redaksional lainya, bahkan seperti yang dituduhkan bahwa tanpa narasumber itu sangat ‘Janggal’ artinya ada yang salah dalam memahami berita tersebut atau malah tidak dibaca sama sekali atau hanya lihat judul saja, Kami mempunyai yakin perwakilan Inspirasi Post Propinsi Bangka Belitung telah sesuai UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam menjalani ptofesi nya.

BACA JUGA:  Hi.Zaiful Bukhori Menjadi 'Trending Topik' Bursa Pemilih Pilkada Lampung Timur
Hasil Wawancara Tim Redaksi Inspirasi Post yang tergabung dalam IMO Indonesia saat melakukan wawancara via Jejaring Whats App.

” Dalam setiap informasi atau berita yang dikeluarkan media ini jelas tertera penulis maupun editorial serta tahapan redaksional lainnya, kami menduga pihak pengadu gagal dalam memahami karya jurnalistik media ini, kami menolak dikatakan tanpa narusumber yang jelas, ini artinya pengadu tidak membaca didalam berita jelas kami melewati wawancara dengan Kelala Dinas PU sebagai narasumber yang kompeten pada bidangnya, serta data lain nya sebagi hasil uji informasi atau berita yang akan dikeluarkan, kami yakin jurnalis kami telah sesuai UU Pokok Pers serta berpegang pada KEJ dalam menjalani profesinya. Dalam Surat Tanggapan atas Sanggahan itu juga kami lampirkan bukti sebagai dasar Dewan Pers dalam memahami dan memberikan keputusan yang bijak.” Tegas pemilik Inspirasi Post grup ini.

Dalam prosesi ini pihak media siber Inspirasi Post.com menyerahkan sepenuhnya kepada Maskur Husein,S.H ( Ketua Umum Himpunan Pewarta Indonesia ) yang secara resmi menjadi kuasa hukum nya dalam melewati prosesi pengaduan di Dewan Pers maupun hal lainnya.

 

Pihak Media Siber / Portal Berita Inspirasi Post.Com juga meminta Dewan Pers untuk ‘Jernih’ dalam mengambil setiap penilaiaan serta mampu memberikan keputusan yang baik, serta dapat menjadi garda terdepan bagi perjalanan kemerdekaan pers di Indonesia.

 

( Tim Redaksi / Pimred )