Gersang Melanda Pasuruan

671

JATIM – Belasan desa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengalami kekeringan akibat kemarau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasuruan Bakti Jati Permana, Jumat, mengatakan belasan desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Pasuruan.

“Wilayah terdampak kekeringan itu seperti yang terjadi di Kecamatan Lumbang di Desa Watulumbung, Karangjati, Karangasem, Cukurguling dan Lumbang,” katanya di Pasuruan.

Kemudian, di Kecamatan Winongan, desa yang mengalami kekeringan yakni Desa Sumberejo, Kedungrejo dan Desa Jeladri.

“Sementara, di Kecamatan Letkol, wilayah dampak kekeringan terjadi di Desa Pasinan, Balonganyar, Semedusari dan Desa Wates,” katanya.

Ia menjelaskan untuk mengatasi kondisi tersebut, BPBD berupaya melakukan penanganan darurat dengan mengirimkan air bersih ke desa-desa itu.

“Pengiriman air bersih kepada warga ini juga sudah dilaksanakan sejak sebulan yang lalu dengan pengiriman lima sampai dengan enam kali dalam sepekan. Setiap harinya maksimal dua tangki per rit dengan isi tangki air sebanyak 5.000 liter,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pasuruan telah masuk dalam status tanggap darurat kekeringan.

“Kami akan terus berupaya supaya penanganan dampak kekeringan yang ada di Pasuruan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti,” katanya.

BACA JUGA:  Imron Roni: Satpol PP Metro Siaga Gelar Pengamanan di Bulan Ramadhan