Duuh !! Ribuan Guru Swasta Gelar Aksi Demo di DPRD Provinsi Lampung

653
Aksi demo para guru Swasta di Lapangan Korpri kantor DPRD Lampung, Senin (30/4/2018). Foto Ist

BANDAR LAMPUNG, Inspirasi Post – Sebanyak ribuan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Lampung menggelar aksi demo di lapangan Korpri, komplek kantor Gubernur Lampung, Senin (30/4/2018). Pasalnya, tuntutan para guru swasta mendesak, agar pemprov Lampung dan DPRD Lampung memberikan rekomendasi agar guru honorer bisa segera diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain itu, para pendemo yang dihadiri sekitar 1.000 guru swasta dan honorer dari 15 Kabupaten/Kota tersebut, juga Pemprov diminta untuk membuat peraturan daerah yang berpihak pada guru swasta. Kemudian, baik pemprov Lampung dan Disdikbud Lampung diharapkan tidak melakukan diskriminasi antara guru swasta dan negeri.

Sekretaris DPRD Lampung Kherlani memberikan keterangan pers, terkait aksi demo para guru swasta di kantor DPRD Lampung, Senin (30/4/2018). Foto: Ist

Ketua Korlap aksi PGSI provinsi Lampung Suharnadi menegaskan, hingga detik ini PGSI belum menerima surat undangan untuk ikut melaksanakan upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Aksi ribuan guru honorer swasta ini berharap, UU ASN Pasal 131 Ayat (1) tentang Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap, Pegawai Tetap Non-PNS, dan Tenaga Kontrak yang bekerja terus-menerus, diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan tanggal 15 Januari 2014.

Lanjut Suharnadi mengatakan, para guru wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun. “Kami meminta kepada lembaga legislatif agar segera membuat peraturan daerah tentang guru swasta,” tegasnya.

Gerakan aksi dari PGSI Lampung tersebut, langsung ditanggapi oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal dan Sekretaris DPRD Kherlani menerima perwakilan PGSI Lampung, dan menjelaskan pihaknya akan mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan guru honorer.

“Ini merupakan kewenangan pemerintah pusat, mudah-mudahan Pjs Gubernur Lampung tidak keberatan dalam membuat rekomendasi surat tersebut. Pemerintah siap memfasilitasi, mendorong, membantu, dan memperjuangkan UU ASN yang bisa mengakomodir guru honorer yang tergabung di PGSI Lampung.

BACA JUGA:  Pelayanan Publik Tetap Jalan, Presiden Jokowi Tetapkan Cuti Bersama PNS Tahun 2018

“Bukan hanya guru, tetapi bidang profesi lain juga seperti Pol PP, perawat, dan lain-lain. “Nanti, Insyallah saya akan mencoba mendiskusikan dan berdialog, hal yang menjadi aspirasi para guru di provinsi Lampung ini,” jelas Kherlani. (Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)