Drs. Sutanto: Bulan Romadhon, Tingkatkan Ibadah dan Kamtibmas

526
Kepala Kampung Nambah Rejo Drs. Sutanto

KOTAGAJAH, Inspirasi Post – Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) di bulan suci romadhon, Kepala Kampung Nambah Rejo Kecamatan Kotagajah, Kabupateng Lampung Tengah (Lamteng), Drs. Sutanto mengajak masyarakat ronda bareng dan dengan sapari romadhon dapat meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan, memperbanyak amalan serta memperat hubungan kasih sayang dengan sesama umat muslim.

Kepala Kampung Nambah Rejo Drs. Sutanto mengatakan, tujuan dari Safari Ramadhan adalah untuk mempererat tali silaturahim antar sesama umat muslim. Sebab, Allah menjanjikan keberkahan hidup bagi hambanya yang selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya. Bahkan menurutnya, keberkahan hidup tidak hanya dalam hal rezeki, namun juga keberkahan dalam usia. “Karena silaturahim ini dianjurkan oleh Allah SWT. Didalam silaturahim Allah murahkan rizkinya, Allah berikan kesehatkan badannya, dan Allah panjangkan umurnya,” kata Sutanto kepada Inspirasi Post, Senin (28/05/2018).

Lebih lanjut Sutanto mengatakan, safari Ramadhan juga merupakan salah satu perekat hubungan antara pemerintah kampung dengan masyarakat. Sekaligus sebagai wadah bertukar informasi, baik dari pemerintah kampung kepada masyarakat maupun sebaliknya. “Saya mengharapkan, kita semua hendaknya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya baik lahir dan bathin sehingga ibadah puasa dapat dilaksanakan dengan sempurna dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sutanto berpesan, agar masyarakat tidak termakan isu yang memecah belah persatuan dan kesatuan bersamaan akan melaksanakan Pilkada 2019 mendatang. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat jagalah kerukunan yang sudah dibina selama ini sambil tetap waspada ancaman yang dapat menganggu indahnya kebersamaan yang telah tercipta selama ini,” ujarnya.

Sutanto juga menghimbau, kepada masyarakat kampung Nambah Rejo selalu tingkatkan ronda malam untuk menjaga keamanan. Munurutnya, keamanan adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian ketertiban, adalah suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada.

BACA JUGA:  Bertolak Ke Australia, Presiden Jokowi Hadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia

Pengertian Kamtibmas, menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan, bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat,” tutup Sutanto. (Ipung)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)