Drs.Suntoro: Peran Guru Meningkatkan Mutu Pendidikan

927
Kepala SMA Negeri 1 Punggur, Drs. Suntoro saat di konfermasi mengaku terus komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan, melalui peran serta dewan guru.

Punggur, Inspirasi Post – Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Drs. Suntoro mengatakan terus komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peran serta dewan guru.

Menurutnya, guru yang memiliki posisi sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peerta didik. Pada diri gurulah kejayaan, serta keselamatan masa depan bangsa, yakni penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan. Dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan bathin, ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum,” kata Suntoro kepada Inspirasi Post, Rabu (4/4/2018).

“Oleh karena itu, lanjut Suntoro mengatakan, harus mampu mendidik diperbagai hal, agar dewan guru menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga, mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. “Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui berbagai cara, yakni semua usaha pendidikan dan pengalaman untuk meningkatkan keahlian guru menyelarasikan pengetahuan serta keterampilan mereka, sesuai dengan kemajuan, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang-bidang masing-masing.

Sedangkan kegiatan penataran itu, di tujukan mempertinggi mutu petugas sebagai profesinya masing-masing, meningkatkan efesiensi kerja menuju arah tercapainya hasil yang optimal, perkembangan kegairahan kerja dan peningkatan kesejahteraan. Jadi penataran tersebut, dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi kerja, keahlian dan peningkatan terutama pendidikan untuk menghadapi arus globaliasi,” ujarnya.

Nampak kompak, Kepala SMAN 1 Punggur, Drs. Suntoro foto bersama dewan guru yang memiliki posisi sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi peserta didik. Purwadi

Masih di katakan Suntoro, mengikuti kursus-kursus pendidikan akan menambah wawasan. Adapun kursus-kursus biasanya meliputi, yakni pendidikan arab dan inggris serta computer, memperbanyak membaca menjadi guru professional tidak hanya menguasai atau membaca dan hanya berpedoman pada satu atau beberapa buku saja.

Kemudian, kata Suntoro, guru yang berprofesional haruslah banyak membaca berbagai macam buku untuk menambah bahan materi yang akan disampaikan, sehingga sebagai pendidik tidak akan kekurangan pengetahuan-pengetahuan dan informasi-informasi yang muncul dan berkembang di dalam mayarakat.

BACA JUGA:  Refleksi 23 Tahun PRD ' Bangun Persatuan Nasional, Kesejahteraan Sosial dan Menangkan Pancasila '

Selanjutnya, mengadakan kunjungan kesekolah lain (studi komperatif,red) suatu hal yang sangat penting seorang guru mengadakan kunjungan antar sekolah. Sehingga, akan menambah wawasan pengetahuan, bertukar pikiran dan informasi tentang kemajuan sekolah. Ini akan menambah dan melengkapi pengetahuan yang dimilikinya serta mengatai permasalahan-permasalahan dan kekurangan yang terjadi sehingga peningkatan pendidikan akan bisa tercapai dengan cepat,” ujarnya.

Suntoro menambahkan, dalam rangka peningkatan pendidikan, maka peningkatan materi perlu sekali mendapat perhatian. Karena dengan lengkapnya, meteri yang diberikan tentu akan menambah lebih luas akan pengetahuan. Hal tersebut, kata dia, akan memungkinkan peserta didik dalam menjalankan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan baik dan benar.

Materi yang disampaikan pendidik, harus mampu menjabarkan sesuai yang tercantum dalam kurikulum. Pendidik harus menguasai materi dengan ditambah bahan atau sumber lain, yakni berkaitan dan lebih actual dan hangat. Sehingga, peserta didik tertarik dan termotivasi mempelajari pelajaran,” jelas Suntoro. (Ipung/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)